09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

8 Tips mengatasi bengkak pada pergelangan kaki ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1313 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang menyebabkan gejala pembengkakan pada kaki wanita hamil dan bagaimana cara mengatasinya?

Bengkak pada pergelangan kaki (oedema) merupakan salah satu keluhan yang sering dialami para wanita hamil, khususnya pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan. Kondisi tersebut disebabkan oleh janin yang semakin besar sehingga memberikan tekanan pada pembuluh darah yang mengangkut darah dari kaki dan telapak kaki. Peningkatan jumlah cairan dalam tubuh wanita selama kehamilan juga diduga memicu pembengkakan pada pergelangan kaki.

Baca juga: Peran nutrisi ibu hamil terhadap DNA janin

Kondisi yang memperparah oedema

Oedema atau bengkak pada pergelangan kaki saat hamil biasanya menjadi semakin parah dari waktu ke waktu. Bila bunda melakukan pekerjaan yang mengharuskan berdiri terlalu lama, cairan berkumpul di kaki sehingga kondisi bengkak bisa menjadi semakin parah. Kelelahan dan suhu udara yang panas dapat juga memperburuk pembengkakan tersebut.

Oedema yang normal terjadi pada kedua belah kaki. Bila pembengkakan terjadi pada satu pergelangan kaki, disertai kemerahan dan nyeri pada betis, ini mungkin gejala adanya bekuan darah. Bila pembengkakan menjalar ke betis dan meninggalkan cekungan bila ditekan, ini bisa merupakan gejala pre-eclampsia. Segeralah menghubungi dokter bila gejala dari kedua gangguan ini terjadi.

Baca juga: 5 komponen nutrisi yang mempengaruhi kecerdasan anak

Tips mencegah pembengkakan pergelangan kaki saat hamil

Pembengkakan pada pergelangan kaki ibu hamil terkadang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, tips berikut bisa mencegah gangguan ini menjadi lebih parah dan mengganggu.

1. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan kurangi makanan berlemak yang bisa memicu kenaikan berat badan yang berlebihan.

2. Kurangi fastfood, makanan olahan, dan makanan lain yang mengandung banyak garam, penyedap rasa, dan pengawet. Zat-zat ini dapat menyebabkan terkumpulnya air sehingga pembengkakan semakin parah.

3. Minum cukup air supaya kerja ginjal berjalan baik. Bila fungsi ginjal baik, kelebihan air bisa dibuang dari tubuh sehingga mencegah pembengkakan.

4. Perbanyak makanan yang bersifat diuretik (namun jangan terlalu banyayk mengkonsumsi kafein). Makanan yang bersifat diuretic dapat memperlancar pembuangan kelebihan air dari tubuh. Makanan yang bersifat diuretic misalnya kubis, semangka, apel, dan jeruk.

5. Bawang putih dan bawang bombay dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah. Karena itu, kedua makanan ini baik untuk mencegah oedema.

6. Makanan yang kaya akan vitamin C dan E dapat membantu mengurangi oedema. Makanan yang kaya akan vitamin C misalnya, jeruk, mangga, beri-berian, melon, tomat, dan kentang. Vitamin E bisa diperoleh dari minyak sayur, almond, tomat, dan mangga.

Baca juga: 6 Jenis makanan super untuk bayi dan balita

7. Hindari merokok ketika hamil karena hal ini dipercaya memiliki kaitan dengan oedema.

8. Banyaklah istirahat dengan memposisikan kaki lebih tinggi daripada pinggul untuk memperlancar aliran darah dari kaki. Hindari duduk bersila karena bisa menghambat aliran darah di kaki dan menyebabkan terjadinya bekuan darah. Bila terpaksa berdiri dalam waktu lama, gantilah kaki yang menjadi tumpuan setiap beberapa waktu.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru