09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

8 Tips menyusui si buah hati pasca-operasi cesar

KategoriMenyusui
Di lihat4988 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

panduan singkat seputar menyusui bayi yang terlahir melalui operasi cesar

Menurut beberapa penelitian, ibu yang melahirkan bayinya melalui proses operasi cesar, memiliki tingkat kemampuan yang sama dengan mereka yang melakukan persalinan normal dalam hal menyusui bayinya. Memang umumnya recovery bunda yang menjalani operasi persalinan ini lebih lama namun mereka bisa menyusui selama memiliki tekad yang kuat untuk melakukanya.

Baca juga: Penyebab infeksi saluran kencing pada anak

Jika ibu hamil mengetahui sebelumnya bahwa ia akan menjalani persalinan lewat operasi, mereka dapat berkomunikasi dengan dokter sebelumnya agar diberikan kesempatan untuk menyusui si kecil begitu kondisi memungkinkan. Setelan proses operasi, bunda akan memerlukan support baik dari ayah maupun keluarga lainya karena harus menjalani proses penyembuhan luka operasi sekaligus mengurus bayi yang baru lahir. Berikut adalah beberapa tips seputar menyusui pasca-operasi sesar:

Tips menyusui setelah operasi cesar

1. Minta bantuan pada pasangan atau perawat agar bunda bisa memeluk si kecil setelah proses persalinan jika memungkinkan. Bagi bunda yang mengalami anastesi total, dapat melakukan hal ini setelah kesadaran kembali 100 persen.

2. Sesaat setelah proses persalinan selesai, bunda juga bisa meminta tenaga medis untuk membawakan si kecil untuk disusui. Dengan bantuan dari perawat, bunda dapat menposisikan si mungil dibagian dada untuk minum ASI.

3. Sakit yang ditimbulkan luka opreasi dinilai dapat menghambat produksi air susu ibu serta dapat mengganggu aktivitas menyusui. Jika diperlukan dokter akan meresepkan obat pereda sakit yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga: Penyebab belekan pada mata bayi

4. Bersiap untuk menyusui. Jika si kecil berada di dekat bunda dan mulai nampak lapar, minta bantuan pasangan atau perawat untuk mendekatkanya ke bunda untuk disusui. Bunda juga bisa memeras susu dan menyimpanya dalam tempat khusus untuk diberikan ke perawat jika si bayi tidak satu ruangan dengan bunda.

5. Gunakan bantal atau kasur khusus. Umumnya dibeberapa rumah sakit besar posisi kasur dapat dirubah keposisi duduk untuk mempermudah menyusui. Jika tidak, bunda dapat menggunakan beberapa bantal untuk mendukung posisi bunda agar lebih nyaman menyusui.

6. Bagi para ayah, mereka dapat meminta penjelasan dari dokter atau perawat seputar membantu bunda menyusui. Misalnya cara menggendong bayi dengan benar, cara meletakan bayi di dada bunda, atau cara meletakan bayi ditempat tidurnya kembali.

Baca juga: Waspada, penyebab ketulian pada anak!

7. Jika operasi dilakukan karena alasan medis dan produksi ASI agak terlambat, biasanya dokter akan merekomendasikan pemberian susu formula khusus sampai air susu ibu dapat keluar dengan lancar.

8. Saat awal prosedur operasi semua detail yang harus dijalani bunda mungkin nampak sedikit membingungkan, namun hal ini sebaiknya jangan sampai mengalihkan perhatian bunda dari pemberian

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru