09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

8 Tips sederhana mencegah kulit kering pada anak balita

KategoriKesehatan
Di lihat4004 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Yang harus dilakukan untuk menghindari kulit kering pada balita

Sebagaimana ayah bunda, si kecil dapat juga mengalami kulit kering, bahkan mereka cenderung lebih rentan terhadap kulit kering mengingat kulit mereka masih lembut. Ada banyak hal yang dapat memicu kulit kering pada balita, termasuk diantaranya udara dingin dari AC, serta udara kering dan panas saat musim kemarau.

Kondisi udara tersebut bertanggung jawab terhadap hilangnya kelembapan alami kulit si buah hati. Air laut, air kolam renang dengan kadar klorin yang tinggi juga dapat memicu gejala kulit kering yang berupa kulit tampak pecah-pecah.

Baca juga: 5 Tips redakan sakit perut si kecil

Yang harus dilakukan untuk menghindari kulit kering pada balita

1. Jangan mandi terlalu lama. Biasanya si kecil membutuhkan waktu cukup lama saat mandi karena disertai dengan aktivitas bermain. Kurangi lama aktifitas bermain saat mandi untuk mengurangi hilangnya kelembapan alami kulit. Saat si kecil mandi sabun, sebagian kelembapan kulitnya akan ikut terbawa bersama kotoran.

2. Bilas dengan air bersih setelah berenang. Kandungan garam dalam air laut atau klorin dalam air kolam renang dapat mengurangi kelembapan kulit mereka. Biasakan untuk membilas badan si buah hati dengan mandi untuk menghilangkan sisa-sisa garam atau klorin dikulitnya.

3. Gunakan sabun dan sampo khusus anak. Sabun dan sampo anak diformulasikan untuk kulit mereka yang masih lembut. Formulanya telah disesuaikan agar dapat diterima kulit mereka tanpa menyebabkan iritasi atau kekeringan berlebih.

4. Gunakan pelembab atau lotion. Sesaat setelah mandi, segera keringkah badan si kecil menggunakan handuk serta berikan pelembab kulit khusus anak untuk mengurangi resiko kulit kering. Jika lotion kurang bisa melembabkan kulit, gunakan pelembab berbentuk krim.

Baca juga: Mengenal manfaat zat fitokimia bagi si kecil

5. Berikan minum yang cukup. Tidak dipungkiri, asupan cairan yang cukup tak hanya berguna bagi lancarnya metabolism tubuh sikecil, air juga diperlukan tubuh mereka salah satunya untuk menjaga kelembapan kulit. Berikan pula makanan yang kaya akan kandungan antioksidan termasuk vitamin E untuk kesehatan kulit mereka.

6. Lindungi kulit dari panas dan hujan. Gunakan pakaian tertutup saat bermain dibawah terik matahari. Selain untuk menjaga kelembapan kulit, juga melindungi kulit si kecil dari cahaya matahari yang menyengat.

7. Hindari penggunaan bedak jika kulit si kecil kering. Pilih detergen khusus baju anak untuk mengurangi iritasi kulit yang disebabkan oleh bahan kimia detergen. Jika diperlukan bilas dua kali semua pakaian si kecil yang di cuci untuk mengurangi sisa detergen yang mungkin masih menempel di permukaan baju.

8. Kenakan pakaian lembut. Jika kulit si kecil sangat sensitif, hindari menggunakan pakaian berbahan kasar atau terlalu ketat. Ayah bunda juga harus tau bahwa beberapa bahan baju seperti kain wol, dapat mengiritasi kulit sensitif.

Baca juga: 6 Jenis buah berkhasiat untuk si buah hati

Kulit kering sebagai gejala penyakit kulit

Jika kulit kering si kecil disertai dengan bercak merah dan rasa gatal, mungkin itu adalah gejala eksim, yaitu satu jenis penyakit kulit yang banyak menyerang bayi dan anak-anak. Salah satu bentuk eksim yang umum terjadi adalah dermatitis atopik yang umumnya muncul ketika bayi atau anak-anak dengan gejala berupa gatal dan peradangan kulit.

Jika gejala diatas yang muncul, atau kulit si kecil tetap kering meski telah diberikan pelembab, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan medis lanjut.

Image source: Todaysparent

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru