09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

9 Aturan dasar dalam megajarkan kedisiplinan pada anak

KategoriParenting
Di lihat632 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah cara efektif dalam hal mendisiplinkan anak

Saat si kecil menginjak usia 10 bulan, kemampuan memorinya semakin berkembang, hal ini berdampak pada meningkatnya kemampuan belajar mereka. Diusia ini si kecil bisa mulai diajarkan kedisiplinan, kepedulian dan respek terhadap sesama, keselamatan, dan kontrol diri.

Tiap kali bunda memberi peringatan “Jangan!”, “Bahaya!”, “Tidak!”, atau lainnya, kata-kata ini mungkin saja hanya lewat kuping kiri keluar kuping kanan. Akan tetapi, siapa sangka dibalik itu, dengan kemampuan mengingatnya yang bertambah si kecil akan belajar banyak melalui kata, tindakan, bahkan nada suara yang ayah bunda ulang-ulang setiap saat.

Baca juga: Tips merawat bayi prematur

Tips mengajarkan kedisiplinan

1. Tunjukkan bahwa ayah bunda mereka. Sekalipun sedang mengajarkan disiplin, ayah dan bunda harus menyampaikanya dengan kasih sayang. Ingatlah bahwa tujuan kita adalah mendidik dan memperbaiki tindakannya yang keliru, bukan menghukumnya. Selalu tunjukkan contoh kesopanan dan respek, baik terhadap si kecil maupun orang lain.

2. Hindaris standar yang terlalu tinggi. Standar yang terlalu tinggi bisa membuat si kecil frustrasi serta kehilangan kepercayaan diri bahwa ia akan berhasil mengikuti arahan ayah dan bunda. Hal ini juga akan menjadi sulit untuk membangun kontrol diri si kecil ketika ia sedang tidak dalam pengawasan.

3. Tetapkan standar yang tegas. Tetapkan standar yang tidak terlalu tinggi namun tegas sehingga mudah diikuti. Bila kita kurang tegas dalam menanamkan disiplin, si kecil akan berfikir bahwa ayah bunda hanya main-main dan tidak peduli terhadap apa yang ia lakukan. Sebaliknya, dengan pendidikan yang proporsional ia akan merasa dicintai dan terlindung.

4. Tetaplah tegas menerapkan aturan keselamatan. Meskipun ayah dan bunda telah menanamkan aturan keselamatan pada si kecil, mungkin saja ia tergoda untuk melanggarnya sesekali. Karena itu, jangan sampai lengah dalam menerapkan aturan, terutama bila berkaitan dengan keselamatan si kecil.

Baca juga: 4 Cara agar bentuk kepala bayi sempurna

5. Jangan menyamakan perlakuan pada setiap anak. Anak-anak tertentu mampu merespon dengan baik ketika diarahkan dengan kata-kata yang lembut, namun yang lain harus diarahkan dengan nada sedikit tinggi. Bahkan, beberapa lainnya harus dipindahkan secara langsung dari tempat yang berbahaya sebelum ia memahami aturan yang ingin ayah dan bunda sampaikan. Hal ini sangat wajar. Kita hanya perlu mengenali dan merespon kecenderungan si kecil. Ingatlah juga bahwa perilaku si kecil juga akan sangat dipengaruhi kondisi yang ada di sekitarnya, misalnya bila ada pengasuh yang baru atau ketika ia tumbuh gigi.

6. Hindari menegur terlalu keras. Si kecil tidak bermaksud bersikap buruk ketika melakukan hal-hal yang dilarang ayah bunda. Umumnya hal ini hanyalah ekspresi dari rasa keingintahuan mereka yang tinggi. Hindari memberi cap negatif seperti “anak nakal”, “anak cengeng”, atau “anak pemalas” karena ini bisa menjatuhkan kepercayaan dirinya.

7. Konsisten dalam mendidik. Melarang si kecil bermain dengan kompor yang panas namun mengijinkannya pada waktu yang lain akan membingungkan si kecil. Melarangnya melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya tanpa ada tindak lanjut, seperti mengambil pisau yang sedang dimainkannya atau menjauhkan kucing yang sedang ia tarik ekornya tanpa ada penjelasan lanjut akan membuat si kecil sulit memahami aturan yang sedang kita terapkan. Selain itu, pertahankan kesabaran dalam mengulang-ulang aturan yang ingin kita ajarkan.

Baca juga: Dampak negatif empeng pada anak

8. Hindari menggunakan kata “jangan”. Sebagai gantinya, gunakan kalimat positif, misalnya “Pisau ini tajam. Kita pakai sendok saja, ya!” untuk mengganti “Jangan bermain dengan pisau!”.

9. Beri penghargaan ketika si kecil melakukan hal yang baik. Jangan lupa memberikan pujian, pelukan, atau ciuman ketika si kecil berhasil mengikuti arahan kita. Hal ini penting untuk membuat ia tetap termotivasi melakukan hal yang baik.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru