09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

9 Langkah tepat penanganan buah dan sayuran mentah

KategoriKesehatan
Di lihat467 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips aman saat mengolah sayur dan buah segar

Buah dan sayuran segar diperlukan tubuh si kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil terutama serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Cara memilih, menyimpan, dan mengolah buah dan sayuran segar sangat penting diketahui untuk menghindari serangan bakteri yang dapat memicu keracunan pada si buah hati.

Bakteri yang berasal dari tanah atau air dapat berpindah ke buah dan sayuran saat proses pemanenan, pencucian, penyimpanan, dan pengolahan. Mengetahui cara yang tepat dalam menangani buah dan sayuran segar perlu diketahui agar si buah hati terhindar dari bahaya keracunan bahan makanan. Berikut adalah beberapa tips yang kami ambil dari website the U.S. Food and Drug administration:

(Baca juga: 6 Jenis buah segar untuk si kecil agar selalu sehat dan kuat)

Tips aman membeli buah dan sayuran

1. Saat ayah bunda membeli buah dan sayuran, pastikan hanya memilih produk yang masih segar, tidak layu, tidak berubah warna, aroma, dan rasa atau tidak busuk meski hanya sebagian kecil.

2. Jika ayah bunda membeli setengah potong dari buah seperti semangka atau melon, mintalah potongan dari buah yang baru atau potongan yang tersedia tapi tertutup plastik wrap. Jangan pilih buah yang nampak sudah tidak segar.

3. Kemas buah dan sayuran terutama yang terpotong seperti semangka atau melon diatas, terpisah dengan bahan belanjaan lain seperti daging sapi, ayam, atau ikan.

(Baca juga: 7 Tips memilih makanan sehat untuk si buah hati)

Tips sehat menyimpan sayur dan buah segar

4. Simpan buah dan sayuran yang mudah busuk seperti stroberi, anggur, kembang kol, atau bayam dalam lemari pendingin dengan suhu 4oC. Jika ayah bunda membeli bahan segar di supermarket, sayur dan buah yang sebaiknya disimpan di lemari pendingin, biasanya di pajang di rak berpendingin.

5. Letakan buah dan sayur dalam lemari es secara terpisah dari bahan makanan hewani seperti danging atau ikan, jika tidak memungkinkan, letakan masing-masing dalam kemasan atau plastik kedap udara untuk menghindari kontak langsung.

Tips aman saat mengolah sayur dan buah segar

6. Selalu gunakan pisau dan alas potong yang bersih saat mengolah buah dan sayur. Jika pisau sebelumnya digunakan untuk memotong bahan makanan lain termasuk daging, cuci bersih menggunakan sabun kemudian keringkan dengan lap bersih atau tisu makan sebelum digunakan.

(Baca juga: Tiga resep jus sayur dan buah penambah berat badan)

7. Jika buah dan sayuran mengalami sedikit kerusakan karena benturan atau cacat, hilangkan bagian tersebut sebelum digunakan. Pastikan untuk tidak mengolah sayur dan buah yang sudah mengalami pembusukan yang biasanya ditandai dengan perubahan rasa, aroma, dan warna.

8. Cuci bersih sayur dan buah dalam air mengalir sebelum di makan, dipotong, maupun dimasak. Menggunakan sabun pencuci biasa untuk membersihkan buah dan sayuran sangat tidak disarankan.

9. Saat mencuci produk pertanian seperti mentimun atau melon, cuci dan gosok bagian kulitnya mengunakan sikat. Keringkan buah dan sayuran yang telah dicuci menggunakan tisu makan sebelum dihidangkan atau disimpan dilemari pendingin.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru