09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Alasan kenapa aktifitas fisik bagus untuk tumbuh kembang si kecil

KategoriKebugaran
Di lihat538 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Manfaat aktifitas fisik bagi abak balita

Saat si buah hati masih bayi, pernahkah ayah bunda memperhatikan bahwa mereka sebenarnya senang bergerak. Kecuali sedang tidur, si kecil selalu berusaha menggerakan anggota tubuhnya, menendang-nendang, dan mengangkat tangan serta kaki. Saat mereka menginjak usia balita dan sudah bisa berjalan, aktifitas fisik mereka bertambah banyak. Berjalan kesana kemari, berlari, memanjat, menari, melompat dan setumpuk aktifitas lainnya menjadi kegiatan sehari-hari mereka.

Menurut ahli tumbuh kembang anak, aktifitas fisik bagi si buah hati tak hanya membuat mereka lebih ceria. Secara medis, apa yang mereka lakukan sangat penting untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Jadi jika ayah bunda mendapati si kecil begitu aktif, tidak perlu khawatir apalagi merasa kesal, pastikan saya agar aktivitas mereka tidak mengundang bahaya. Sebaliknya ayah bunda harus peduli jika si kecil nampak tenang, diam, dan tidak mau beraktifitas layaknya anak-anak balita lainya.

(Baca juga: 9 Cara efektif melatih skil motorik, kognitif, dan sosial si buah hati)

Manfaat aktifitas fisik bagi abak balita

Menurut situs Raising Children Network, berbagai aktifitas fisik si kecil tidak hanya bermanfaat dalam jangka pendek, tapi untuk kangka panjang saat mereka mulai tumbuh dewasa, manfaatnya akan terus mereka bawa. Beberapa manfaat saat mereka aktif secara fisik diantaranya adalah:

  • Melatih kekuatan otot dan tulang
  • Melatih dan meningkatkan kemampuan koordinasi, keseimbangan, kelenturan, dan daya tahan tubun
  • Memperkuat organ jantung, paru-paru, dan pembuluh darah arteri
  • Mengurangi resiko kelebihan berat badan, dan
  • Mengurangi resiko terkena penyakit kangker, penyakit jantung, dan diabetes tipe-2

(Baca juga: 8 Tips mendorong agar si kecil mau aktif bergerak)

Tidak hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh, para ahli juga menemukan, anak balita yang aktif secara fisik juga cenderung:

  • Lebih ceria
  • Tidur lebih nyenyak diwaktu malam
  • Dapat berkonsentrasi dengan baik
  • Lebih percaya diri
  • Mampu berbaur dengan lingkungan sehingga mudah mendapat teman, serta
  • Lebih suka berbagi dan bekerjasama dengan teman bermainnya

Tips agar anak balita ayah bunda selalu aktif

Jika ayah bunda mendapati si kecil lebih memilih menghabiskan waktu didepan televisi atau gadget sambil tiduran, sebaiknya ayah bunda mulai memotivasi si kecil agar mereka mau bermain di luar dan beraktifitas secara fisik. Berikut adalah beberapa saran dari ahli:

1. Pilihlah aktifitas yang cocok sesuai dengan usia perkembangan si kecil, jika tidak mereka dapat mengalami perasaan tertekan atau frustasi karena merasa tidak dapat menyelesaikan sebuah tugas. Anak balita dapat bermain beberapa kali diantara waktu tidur dan makan mereka.

(Baca juga: 4 Jenis aktivitas olahraga untuk si kecil)

2. Berikan mereka kesempatan untuk aktif. Bersikap lebih bijaksana dengan tidak terlalu banyak melarang aktifitas mereka, tentu saat ayah bunda dapat memastikan keamanan aktivitas mereka. Berikan berbagai peralatan dan mainan yang memotivasi mereka bergerak. Daripada memberikan gadget, berikan mereka bola, sepedah, raket, atau peralatan lain sebagai hadiah ulang tahun.

3. Utamakan keceriaan. Meski tujuan utamanya agar mereka sehat dan berkembang secara optimal, jangan sampai menghilanghan unsur kesenangan. Anak-anak akan menyukai aktifitas yang mereka senangi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru