09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Alternatif kegiatan bermain murah meriah untuk bayi

KategoriBayi
Di lihat2082 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tengkurap, aktivitas bermain untuk si buah hati

Setelah bayi berusia beberapa minggu, ayah dan bunda dapat melatihnya untuk berbaring tengkurap. Berlatih tengkurap bisa membantu bayi dalam melatih kekuatan otot leher dan tubuh bagian atasnya. Jika dilakukan dengan benar dan di saat yang tepat, aktifitas tengkurap ini adalah salah satu saat bermain yang paling mengasyikkan bagi si buah hati. Ayah bunda dapat menengkurapkan mereka secara teratur selama beberapa beberapa menit dalam sehari. Bayi dengan usia 3-4 bulan bisa dilatih untuk tengkurap lebih lama. Berikut adalah panduan bagi ayah dan bunda untuk melakukannya.

Baca juga: 4 Penyebab umum si kecil susah makan

Tips melatih bayi tengkurap

1. Saat bayi sedang tidak rewel dan tampak tenang, tengkurapkan ia di atas handuk, karpet bermain, atau selimut yang dihamparkan di lantai.

2. Bila bayi masih kecil, tengkuraplah di sampingnya dan ajak ia bermain permainan sederhana yang tidak melibatkan banyak gerakan. Misalnya, ajak ia bicara, tunjukkan ekspresi wajah yang lucu, nyanyikan lagu, bacakan cerita dari buku, atau gerakkan mainan-mainan yang menarik di sekitarnya. Setelah beberapa menit, kembalikan si kecil keposisi semula dan lanjutkan kegiatan-kegiatan rutin seperti menyusui, tidur, dan sebagainya.

3. Bila bayi sudah lebih besar dan bisa menyangga leher serta melihat sekeliling sambil tengkurap, permainan yang bisa dimainkan bayi menjadi semakin banyak. Misalnya, mainan yang memiliki suara atau cahaya yang berkelap-kelip, cermin kecil, dan sebagainya. Biarkan bayi bermain sambil tengkurap selama ia masih senang melakukannya. Bila ia mulai rewel, baringkan ia kembali dan lanjutkan kegiatan seperti biasanya.

Baca juga: Benarkah madu lebih baik dari gula?

4. Beberapa bayi tidak suka bermain sambil tengkurap. Namun, tetaplah penting melatihnya untuk tengkurap karena bisa memperkuat otot-ototnya dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, baringkan si kecil di dada ayah bunda dan biarkan ia bermain sambil tengkurap di atas tubuh ayah atau bunda.

Alat-alat rumah tangga yang bisa dimainkan si kecil

Dewasa ini banyak mainan yang dijual di pasaran diberi label usia bayi yang cocok untuk menggunakannya, misalnya 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan, dan sebagainya. Tentunya, semakin banyak pula mainan yang menarik untuk dipilih bagi si buah hati. Namun, ternyata di sekitar rumah juga banyak benda-benda yang dapat dimainkan oleh si kecil. Dengan menggunakannya, kegiatan bermain pasti lebih menyenangkan bagi si buah hati. Berikut adalah beberapa ide tentang benda-benda disekitar rumah yang bisa dimainkan.

Baca juga: 8 Tips nyaman seputar menyusui dimalam hari

  • Alat-alat masak yang terbuat dari plastik, pilih yang tidak berujung tajam
  • Tempat telur dari plastik
  • Wadah plastik dalam berbagai ukuran
  • Botol plastik yang tertutup rapat berisi beras atau kacang-kacangan mentah atau air yang diberi pewarna makanan
  • Kardus dalam berbagai ukuran
  • Tabung dari kardus, atau kertas pembungkus kado yang digulung
  • Panci logam yang murah berikut penutupnya
  • Kaleng susu lengkap dengan tutupnya
  • Sendok kayu
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru