09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Alternatif makanan pendamping ASI untuk bayi

KategoriNutrisi
Di lihat359 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Apa tanda bayi siap makan padat

Sikecil mulai tertarik dengan makanan yang Bunda pegang, atau membuka mulut ketika sendok didekatkan? Boleh jadi itu adalah tanda bahwa bayi Bunda mulai siap diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Bayi Ayah Bunda yang baru lahir cukup mendapatkan asupan nutrisi dari ASI saja. Menginjak usia 4 sampai 6 bulan biasanya sikecil mulai siap menerima makanan pendamping ASI, dan namanya pendamping ya porsinya harus dibawah ASI.

Pada usia 4 sampai 6 bulan, sikecil sudah memiliki kemampuan mengkoordinasikan anggota badanya seperti menggerakan tangan kearah mulut. Pada saat yang sama bayi Bunda akan belajar mengontrol gerakan kepala dan belajar duduk menggunakan alat pendukung. Semua perkembangan diatas adalah skil yang diperlukan balita Bunda untuk menerima makanan semi padat pendamping ASI.

Alternatif jenis makanan pendamping ASI

1. Sereal khusus bayi. Dipasaran sudah banyak sereal khusus bayi yang sudah dilengkapi nutrisi lengkap termasuk zat besi yang diperlukan sikecil. Campurkan antara sereal dengan ASI atau susu formula dengan takaran sesuai dengan yang tertera dalam kemasan. Jika Bunda lebih memilih makanan buatan sendiri daripada makanan dalam kemasan, Bunda bisa memberikan tepung beras merah yang sudah dimasak dengan kaldu ayam tanpa garam yang juga buatan sendiri.

2. Jika sikecil sudah terbiasa dengan sereal khusus bayi atau tepung beras merah, selanjutnya Bunda dapat menambahkan puree daging, sayur atau buah kedalam menu MPASI sikecil. Berikan satu jenis makanan untuk pertama kali selama 3-4 hari sebelum Bunda menggati dengan jenis makanan lain. Alternatif buah yang bisa diberikan pada skecil termasuk papaya, alpukat, pisang, melon, dan apel. Sedang untuk sayuran Bunda bisa memberikan kentang, labu kuning, kacang polong, wortel, dan kacang hijau.

3. Khusus bayi dengan usia 8 sampai 10 bulan, bunda dapat memberikan potongan makanan untuk dipegang sikecil. Pada usia segitu biasanya sikecil sudah tumbuh gigi, makanan yang diberikan selain untuk merangsang kemandirian sikecil untuk makan, juga berguna untuk meredakan gusi sikecil yang biasanya gatal karena tumbuh gigi. Selain potongan buah segar, Bunda dapat juga memberikan potongan keju atau biskuit bayi. Pastikan Bunda menemai aktifitas makan sikecil.

Menghindari resiko alergi makanan

Untuk menghindari allergi makanan, sangat penting bagi Bunda untuk mengidentifikasi pada saat pertama kali memberikan makanan jenis baru. Sebagaimana disampaikan di atas, disarankan bunda untuk memberikan satu jenis makanan selama minimal tiga hari sebelum berpindah ke jenis makanan yang lain. Hal ini berguna selain untuk membiasakan lidah sikecil dengan rasa dan tekstur makanan, juga untuk mengamanti jika timbul reaksi allergi.

Dengan cara sederhana diatas, Bunda akan mengetahui segera jika jenis makanan tertentu menyebabkan allergi pada sikecil. Jika bunda mengamati tanda tanda reaksi allergi seperti munculnya ruam diseluruh tubuh sikecil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan lebih lanjut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru