09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Alternatif obat batuk bagi ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1974 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah resep obat batuk bagi ibu hamil dari bahan-bahan alami

Saat bunda hamil, kondisi imunitas dalam tubuh akan mengalami sedikit penurunan dan hal ini menyebabkan ibu hamil lebih rentan terhadap gangguan kesehatan flu atau batuk pilek. Dampak lain dari penurunan sistem pertahanan tubuh, ibu hamil dapat mengalami batuk pilek lebih lama dibanding mereka yang sedang tidak hamil. Bunda yang sedang terkena gangguan kesehatan ini mungki bertanya-tanya tentang obat batuk bagi ibu hamil yang aman dikonsumsi saat hamil.

Baca juga: Inilah 4 penyebab diare pada si kecil

Waspada konsumsi obat saat hamil

Obat-obatan yang dapat diperoleh diapotik tanpa resep dokter, termasuk obat flu dan batuk, tidak semuanya aman dikonsumsi ibu hamil. Cara yang paling aman saat hendak mengkonsumsi jenis obat tertentu adalah dengan meminta rekomendasi dokter terlebih dahulu. Ibu hamil juga wajib membaca pentunjuk serta dosis yang dianjurkan dalam kemasan obat tersebut.

Beberapa jenis obat flu dan batuk yang mengandung ibuprofen (obat penurun demam dan pereda sakit), codeine dan dextromethorphan (obat pereda batuk), napoxen (pereda rasa sakit), dan aspirin (obat penurun panas dan pereda rasa sakit) harus dihindari oleh mereka yang sedang hamil karena berpotensi meningkatkan resiko gangguan pada kehamilan.

Meredakan flu dan batuk secara alami

Batuk dan flu ringan disebabkan oleh infeksi virus, dan cara yang paling efektif untuk memerangi virus adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil melalui istirahat, minum cukup cairan, dan cukup asupan nutrisi. Jika dirasa perlu, ibu hamil juga dapat mencoba pereda batuk alami.

Baca juga: Tips menangani bayi kolik

Madu, lemon, dan jahe

Kombinasi antara madu, jahe dan perasan air jeruk lemon dapat berperan sebagai obat batuk bagi ibu hamil. Menurut situs mayoclinic.org, madu berfungsi sebagai pereda batuk dan memiliki tingkat keefektifan seperti dextromethorphan, obat pereda batuk yang banyak dijumpai dipasaran. Berikut adalah resep obat batuk alami untuk ibu hamil:

  • Masukan satu sendok makan irisan jahe yang sudah dikupas sebelumnya kedalam panci kecil berisi 2 gelas air.
  • Peras setengah potong jeruk lemon kedalam campuran air dan jahe, kemudian didihkan.
  • Setelah mendidih, matikan api dan dinginkan campuran jahe dan air jeruk selama kurang lebih 20 menit.
  • Terakhir, tambahkan 1-2 sendok makan madu, aduk rata kemudian minum.

Madu, lemon, dan virgin coconut oil

Alternatif lain untuk meredakan batuk pada ibu hamil secara alami adalah dengan mencampurkan madu, air jeruk lemon, dan virgin coconut oil (VCO), VCO adalah minyak yang diperoleh dari kelapa yang berwarna putih jernih, kaya akan antioksidan, anti-bakteri, dan anti-virus. Beberapa penelitian mengungkap, VCO mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut resep pereda batuk menggunakan VCO:

  • Campurkan 3 sendok air perasan lemon, ΒΌ gelas madu, dan 2 sendok virgin coconut oil
  • Hangatkan dalam panci kecil; jangan sampai mendidih. Dalam kondisi ruangan yang cukup dingin VCO akan membeku, salah satu fungsi pemanasan adalah untuk mencairkan VCO.
  • Minum 1 sendok campuran dan simpan sisanya dalam lemari es.

Tips agar ibu hamil terhindar dari batuk pilek

Cara paling mudah sekaligus efektif bagi ibu hamil agar terhindar dari batuk dan pilek adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Pastikan ibu hamil mendapat cukup istirahat, cukup cairan, dan cukup nutrisi. Berolahraga secara teratur serta mengkonsumsi multivitamin kehamilan dan probiotik (jika diperlukan) sering kali direkomendasikan dokter untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

Untuk menghindari infeksi virus, pastikan untuk ibu hamil mencuci tangan menggunakan sabun setiapkali akan menyentuh makanan. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang terjangkit batuk pilek.

Baca juga: Tips alami redakan eksim pada anak

Kapan harus menghubungi dokter?

Meski umumnya batuk pilek adalah gangguan kesehatan ringan, ada beberapa kondisi yang mengharuskan ibu hamil menemui dokter. Saat gejala-gejala batuk pilek yang mengganggu jadwal istirahat ibu hamil, saat gejala disertai demam 38.8 derajat Celcius atau lebih, serta saat batuk disertai dengan dahak yang berwarna tertentu, atau saat batuk disertai rasa sakit dibagian dada, sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjut Beberapa kondisi khusus termasik komplikasi batuk pilek, mengharuskan ibu hamil untuk mendapatkan penanganan medis dan mungkin dokter akan meresepkan obat batuk bagi ibu hamil yang disesuaikan dengan hasil diagnosa dokter.

 

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru