09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Anak-anak suka bertengkar? 6 Tips berikut bisa membantu

KategoriParenting
Di lihat1833 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang harus dilakukan jika mendapati si kecil sering bertengkar dengan sodaranya?

Apakah anak-anak sering bertengkar dengan saudaranya karena alasan sepele? Jangan khawatir, bunda, hal ini sangatlah umum terjadi. Seringkali anak-anak bertengkar karena berebut perhatian orang tua, berebut mainan, atau karena hal-hal kecil lainnya. Penelitian membuktikan bahwa jarak usia yang dekat dan kepribadian si anak bisa memperparah kebiasaan anak-anak untuk saling bertengkar.

Sekalipun biasanya membuat suasana rumah menjadi tidak menyenangkan, pertengkaran antar saudara justru bisa bermanfaat bila kita bisa mengendalikannya. Lewat setiap pertengkaran yang berhasil diselesaikan, si anak akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Ia membuat si kecil berlatih menyelesaikan masalah, belajar menghormati orang lain, belajar mengalah dan menyadari bahwa tidak segala keinginan kita akan kita dapatkan, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan social skill. Keterampilan-keterampilan tersebut tentunya akan sangat mereka butuhkan di masa mendatang.

Baca juga: 5 Alternatif permainan outdoor untuk balita

Untuk mengendalikan pertengkaran anak-anak, tentunya diperlukan peran orang tua, baik dalam menerapkan aturan di rumah, membantu si kecil menyelesaikan sumber masalah, maupun memberi contoh bagaimana cara yang baik untuk menyelesaikan masalah dengan orang lain. Tips-tips berikut mungkin bisa membantu.

Menangani anak yang sering bertengkar

1. Buatlah peraturan yang harus diterapkan si kecil berkaitan dengan cara berinteraksi yang baik dengan anggota keluarga lain. Misalnya, aturan untuk saling menghormati, aturan untuk berbicara dengan halus dengan seluruh anggota keluarga, dan sebagainya. Lebih baik lagi bila aturan tersebut dituliskan di papan dan diletakkan di tempat yang mudah terbaca.

Baca juga: Fakta penting seputar tidur bagi si kecil

2. Disamping membuat peraturan, yang lebih penting adalah memastikan peraturan tersebut dipatuhi. Ayah dan bunda bisa menerapkan hukuman bila peraturan tersebut dilanggar. Bentuk hukuman bisa bermacam-macam, tergantung pada kondisi di dalam keluarga. Sebagai contoh, hukuman tidak boleh membaca komik tentunya tidak bisa diterapkan pada anak-anak yang memang tidak hobi membaca.

3. Ketika pertengkaran terjadi, orang tua boleh membantu anak-anak untuk menemukan solusi yang paling adil bagi mereka. Akan tetapi, jangan melibatkan diri setiap kali anak-anak saling berargumen. Terkadang, biarkan mereka menyelesaikan masalahnya sendiri.

4. Amati perilaku anak-anak. Bila mereka bersikap baik, mau saling berbagi, dan mengikuti aturan yang telah dibuat, berikan mereka hadiah. Bisa berbentuk pujian, rekreasi bersama, atau sekedar bintang emas yang ditempel di salah satu bagian di rumah.

Baca juga: 4 Jenis olahraga ideal untuk balita

5. Berilah setiap anak perhatian dan kasih sayang yang sama. Buatlah mereka merasa dihargai dan menjadi bagian dari keluarga. Namun, ingat bahwa adil tidak harus selalu berarti sama. Terkadang, si kecil perlu diajarkan untuk menerima kondisi mereka yang mungkin berbeda dengan saudaranya.

6. Salah satu yang paling penting, jadilah contoh yang baik tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan orang lain. Jangan berbicara kasar, menghina, memukul, atau melakukan hal-hal yang tidak terpuji ketika berinteraksi dengan orang lain di depan anak-anak.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru