09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Apakah balita bunda membutuhkan multivitamin?

KategoriNutrisi
Di lihat976 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

sebelum memberikan si kecil suplemen multivitamin, sebaiknya bunda membaca penjelasan berikut ini terlebih dahulu

Kebutuhan multivitamin pada balita bisa bervariasi. Balita yang makanannya beragam dan tidak pilih-pilih makanan pada umumnya tidak membutuhkan multivitamin. Akan tetapi, pada anak yang menganut pola makan vegetarian atau yang termasuk picky eater multivitamin mungkin diperlukan.

Pemberian supelemen makanan untuk anak di bawah usia pra-sekolah harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya atas saran dan pengawasan dokter. Bila digunakan dengan bijaksana, multivitamin dapat membantu organ-organ tubuh berfungsi secara optimal melalui metabolisme makanan untuk pertumbuhan sel sehingga pertumbuhan dan perkembangan  balita dapat berjalan dengan baik (lifestyle.okezone.com).

Baca juga: Dampak negatif saat si kecil terlalu banyak makan buah

Tips memantau asupan vitamin si kecil

Untuk melihat apakah si kecil membutuhkan suplemen makanan atau tidak, ayah bunda tidak bisa hanya melihatnya dari makanan yang ia makan dalam satu hari. Dalam sehari mungkin si kecil tidak banyak mengkonsumsi sayuran, namun bila diamati dalam 1 minggu ia bisa saja telah mengkonsumsi cukup sayuran yang ia butuhkan.

Ada baiknya bunda memiliki sebuah diary untuk mencatat makanan apa saja yang telah dikonsumsi si buah hati setiap hari dalam seminggu. Catatan harian ini akan memudahkan bunda untuk mengamati komponen apa sajakah yang kurang dari menu harian si kecil. Bila si kecil tampaknya kekurangan zat nutrisi tertentu, barulah kita bisa memberikan suplemen makanan yang dibutuhkannya.

Siapa yang berpotensi memerlukan suplemen makanan?

Pada anak yang menganut pola makan vegetarian, mereka biasanya kurang mendapat asupan zinc, vitamin B12, dan zat besi yang biasanya didapat anak-anak lain dari produk hewani. Karena itu, multivitamin yang mengandung zat-zat tersebut perlu diberikan.

Anak yang biasa pilih-pilih makanan juga berpotensi membutuhkan suplemen multivitamin. Beberapa balita juga mungkin tidak bisa mengkonsumsi makanan yang sehat semisal susu, karena ia alergi terhadap protein susu sapi. Bila ini terjadi, besar kemungkinan mereka membutuhkan suplemen kalsium.

Baca juga: Sumber protein nabati terbaik bagi si kecil

Vitamin D memang biasanya kita dapatkan dari kulit kita ketika ia terpapar sinar matahari. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk balita karena kulitnya masih begitu tipis dan peka. Hal ini membuat mereka tidak aman berada di bawah sengatan matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Karena itulah mereka biasanya rawan mengalami defisiensi vitamin D. Untuk itu, anak-anak yang makanannya sebagian besar adalah ASI atau yang mengkonsumsi kurang dari 475 cc susu formula setiap harinya umumnya membutuhkan suplemen vitamin D.

Selain vitamin D, balita biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen probiotik. Probiotik baik bagi kesehatan pencernaan dan dipercaya dapat mengurangi eksim yang biasa terjadi pada kulit bayi.

Tips pemberian suplemen multivitamin pada si kecil

Bila kita memutuskan untuk memberikan multivitamin pada balita, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikan multivitamin hanya setelah mendapat lampu hijau dari dokter dan pilihlah hanya multivitamin yang diformulasikan khusus untuk anak-anak.

Baca juga: Manfaat ajaib buah jeruk bagi anak bayi

Pastikan pemberian multivitamin dengan mengikuti dosis yang tercantum dalam label. Setelah digunakan, tutup rapat kemasan multivitamin dan simpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Multivitamin biasanya manis seperti permen sehingga bila tidak disimpan dengan benar, anak-anak berpotensi mengambil dan mengkonsumsinya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru