09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Awas, bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan si janin

KategoriKehamilan
Di lihat2818 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hati-hati bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan si janin

Merokok dan kehamilan adalah dua hal yang tidak bisa disatukan. Para ahli berpendapat, menjauhkan rokok (termasuk asap rokok) adalah upaya paling awal yang dapat dilakukan para orang tua agar si kecil yang masih dalam kandungan kelak akan memulai awal hidup yang sehat. Memang betul asap rokok yang dihisap ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan janin, Banyak penelitian mengungkap rokok dapat menghambat suplai oksigen si janin.

Dalam setiap batang rokok, terdapat lebih dari 4000 jenis bahan kimia yang siap menimbulkan kerusakan baik pada ibu hamil maupun si calon buah hati. Selain menghambat suplai oksigen sebagaimana disebutkan diatas, asap rokok juga dapat memicu kenaikan detak jantung si janin dalam kandungan.

Baca juga: Pentingnya sarapan pagi bagi si kecil

Manfaat berhenti merokok bagi ibu hamil

Manfaat berhenti merokok akan dirasakan baik oleh ibu hamil maupun si janin secara langsung. Gas-gas berbahaya dari asap rokok termasuk karbon monoksida dan bahan kimia beracun lainya akan terbebas dari tubuh ibu hamil. Manfaat lainya adalah:

  • Menurunnya resiko mengalami komplikasi kehamilan dan morning sickness
  • Menurunkan resiko kematian janin saat persalinan
  • Lebih cepat recovery setelah proses persalinan
  • Menurunkan resiko kelahiran prematur serta menurunkan resiko gangguan pernafasan si kecil paska kelahiran
  • Menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan dibawah angka normal

Bahaya ibu hamil menjadi perokok pasif

Baca juga: 7 Tips memilih makanan sehat untuk anak

Jika ada anggota keluarga dari ibu hamil yang merokok, sarangkan untuk segera menghentikan merokok. Perokok pasif, istilah bagi seseorang yang tidak merokok namun terekspos asap roko dari perokok lain, juga berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan khususnya bagi ibu dan bayi baik sebelum maupun sesudah lahir.

Menjadi perokok pasif saat hamil dapat menaikan resiko kelahiran bayi dengan berat badan dibawah berat normal. Sebuah penelitian di negara Amerika Serikat mengungkap, bayi yang terlahir dari keluarga perokok lebih rentan mengalami penyakit pneumonia dan bronchitis ditahun pertama kehidupan mereka. Menjadi perokok pasif lebih berbahaya dari perokok pasif.

Tips berhenti merokok

Mereka yang sudah kecanduan merokok memang sulit untuk menghentikan kebiasaanya, namun khususnya bagi para orang tua, hendaknya mulai mempertimbangkan untuk berhenti merokok mengingat dampak negatifnya terhadap si buah hati. Asap rokok dapat menempel di kasur, gordeng, dan baju dalam waktu cukup lama.

Mungkin sebagian orang berpendapat, tidak mengapa toh saya merokok di luar ruangan, namun tetap upaya terbaik untuk menjaga kesehatan keluarga khususnya ibu hamil dan si janin adalah dengan cara berhenti merokok. Ada banyak program berhenti merokok yang ditawarkan rumah sakit atau klinik yang bisa di ikuti. Berikut beberapa tips untuk berhenti merokok:

Baca juga: 16 Jenis nutrisi penting bagi si buah hati

  • Buat komitmen untuk berhenti merokok. Dorongan internal adalah energi terkuat agar anda bisa memutus kebiasaan merokok
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein. Kafein dapat menstimulasi keinginan seseorang untuk merokok
  • Rubah kebiasaan yang berkaitan dengan merokok. Jika biasanya anda merokok setelah makan, sibukan aktvitas anda dengan yang lain begitu selesai makan
  • Gunakan permen karet atau permen mint untuk mensubstitusi keinginan merokok
  • Rajin berolah raga. Aktif berolah raga dapat menjaga kesehatan dan menurunkan pengaruh kecanduan nikotin rokok
  • Gabung dengan kelompok berhenti merokok.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru