09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Balita bunda mengidap alergi telur? Berikut info cara mengelolanya

KategoriKesehatan
Di lihat754 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara dokter mengetahui bahwa si kecil mengidap alergi telur

Meski jarang di temukan, seorang anak dapat mengalami reaksi alergi saat mereka mengkonsumsi telur atau makanan olahan yang mengandung telur. Perlu diketahui ayah bunda bahwa alergi bukanlah penyakit, tetapi merupakan kelainan fungsi tubuh dan biasanya merupakan bawaan sejak lahir. Apa yang dapat memicu timbulnya alergi disebut dengan alergen yang dapat berupa apa saja seperti makanan, serbuk sari, gigitan serangga, debu, bahkan udara dingin.

Gejala alergi telur pada anak-anak

Saat terjadi reaksi alergi, khususnya alergi terhadap bahan makanan, sering kali gejala yang muncul diantaranya adalah kulit kemerahan disertai dengan gatal, bengkak disekitar mulut, diare, muntah, sakit perut, hidung meler, mata berair, bersin-bersin, dan batuk. Gejala-gejala tersebut muncul saat sistem kekebalan tubuh secara tidak disengaja menganggap protein tertentu dalam telur sebagai ancaman bagi tubuh sehingga harus dilawan. Tubuh si kecil kemudian merespon dengan mengeluarkan antibodi yang reaksinya dapat menimbulkan gejala alergi sebagaiman tersebut diatas.

(Baca juga: 5 Hal yang wajib dilakukan jika si kecil alergi makanan)

Jika si kecil mengidap alergi telur, gejalanya dapat muncul beberapa menit sampai beberapa jam setelah mereka mengkonsumsi telur. Dalam sebagian besar kasus, gejala alergi ringan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu satu hari setelah makanan penyebab alergi dihentikan konsumsinya. Pada kondisi tertentu, rekasi alergi dapat sedemikian hebat sehingga memicu terjadinya kondisi akut yang disebut dengan anapilaksis, yaitu hilangnya kesadaran yang dapat mengarah pada kematian jika tidak ditangani segera secara medis.

Cara dokter mengetahui bahwa si kecil mengidap alergi telur

Jika ayah bunda menduga bahwa si kecil mengidap alergi telur, untuk memastikan baiknya si kecil di bawa ke dokter. Sebelum melakukan penanganan medis, biasanya dokter akan bertanya seberapa sering si kecil mengalami gejala alergi, berapa lama dari saat si kecil makan sampai munculnya gejala alergi, dan apakah dalam keluarga ada yang mengidap alergi juga.

(Baca juga: Fakta seputar pneumonia pada balita)

Untuk diagnosis lanjut, dokter dapat melakukan uji sensitifitas kulit, yaitu dengan mengoleskan cairan telur pada beberapa bagian tubuh si kecil, biasanya dibagian belakang telapak tangan, atau punggung si kecil. Jika nampak gejala alergi seperti kemerahan atau kulit bengkak, itu menandakan bahwa si kecil mengidap alergi telur. Harap dingingat bahwa tes ini harus dilakukan oleh ahli dan harus dalam pengawasan dokter.

Mengobati si kecil yang mengidap alergi telur

Karena alergi telur bukan penyakit, cara yang paling tepat adalah menghindari telur dan jenis makanan yang mengandung telur. Tingkat sensitifitas alergi dapat berbeda antara satu anak dengan yang lainya, si kecil dapat mengalami gejala alergi saat mengkonsumsi langsung tapi baik-baik saja ketika mengkonsumsi kue buatan bunda yang mengandung telur,dalam kasus lain bisa juga si kecil sangat sensitif sehingga gejala akan muncul meski si kecil mengkonsusmikue kue yang mengandung telur.

Jika gejala alergi terlanjur nampak, ayah bunda dapat memberikan antihistamin yang dapat dibeli di apotik terdekat. Harap diingat bahwa antihistamin hanya berfungsi untuk meredakan gejala alergi ringan. Untuk gejala alergi akut yang memicu ketidak sadaran, biasanya dokter akan mermberikan resep berupa suntikan epineprin. Dokter akan mengajari ayah bunda untuk melakukan injeksi obat anti alergi sendiri jika memang diperlukan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru