09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Barang-barang wajib untuk proses kelahiran bayi

KategoriBayi
Di lihat4512 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

beragam perlengkapan bayi yang ahrus disiapkan saat akan melahirkan

Proses kelahiran adalah proses yang ditunggu-tunggu sekaligus paling menegangkan bagi ayah bunda. Proses persalinan biasanya mengharuskan bunda berada di rumah sakit atau klinik bersalin antara 1 jam hingga lebih dari 1 hari, tergantung dari prosedur yang dilakukan, apakah bunda lahir secara normal, induksi, atau operasi caesar.

Terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan menjelang hari persalinan untuk membantu bunda merasa lebih nyaman. Berikut adalah beberapa benda “wajib” untuk dibawa ke rumah sakit atau klinik bersalin.

Baca juga: 5 Jenis permainan berdasar usia si kecil

Benda-benda “wajib” untuk persalinan

Jangan lupa membawa benda-benda ini ketika mengemas barang bawaan sebelum ke rumah sakit atau klinik bersalin.

  • Pakaian yang nyaman dipakai ketika proses persalinan, seperti gaun tidur atau kaos ukuran besar
  • Sandal atau sepatu yang nyaman
  • Kaos kaki
  • Lip balm
  • Sisir dan bando (atau benda lain yang bisa menghalangi rambut bunda jatuh ke wajah)
  • Sikat gigi dan pasta gigi
  • Minuman dan camilan

Setelah proses persalinan, bunda biasanya harus mulai menyusui atau membersihkan badan. Beberapa benda ini akan sangat membantu.

  • Alat mandi, seperti sabun dan sampo
  • Pembalut wanita khusus setelah melahirkan
  • Breast pad
  • Pakaian yang nyaman dengan kancing di depan untuk memudahkan menyusui
  • Bra khusus menyusui
  • Celana dalam dengan elastik yang tidak terlalu ketat (sebagai alternatif lain, beberapa wanita menggunakan celana dalam pria)
  • Pakaian untuk perjalanan pulang
  • Bunda juga boleh membawa beberapa benda tambahan seperti mp3 player atau buku bacaan

Baca juga: 6 Permainan untuk melatih otak balita

Barang bawaan khusus bunda

Setelah melahirkan bunda perlu memperhatikan kesehatan dan kenyamanan tubuh bunda sebagai ibu baru. Berikut beberapa barang yang diperlukan untuk itu.

  • Maternity pad. Setelah melahirkan bunda akan mengalami selama 2 hingga 4 minggu (masa nifas). Pada saat itu serviks belum menutup seperti sediakala dan area melekatnya plasenta belum tertutup. Karenanya, bunda membutuhkan maternity pad atau pembalut wanita khusus melahirkan untuk menampung aliran darah.
  • Breast pad. Breast pad adalah bantalan yang diselipkan di bra untuk menampung rembesan air susu yang keluar dari payudara. Bunda bisa menggunakan breast pad sekali pakai atau yang bisa dicuci. Untuk menjaga kesehatan bunda ganti atau cuci secara teratur breast pad yang digunakan.
  • Air minum. Selama menyusui bunda akan lebih mudah merasa haus. Karenaya, sediakan air minum yang cukup untuk diminum selama proses menyusui.

Barang bawaan untuk bayi

Benda-benda di bawah ini penting dipersiapkan untuk merawat buah hati yang baru lahir.

1. Car seat. Menggunakan car seat untuk bayi dinilai lebih aman karena terbukti bisa mengurangi resiko kematian anak saat terjadi kecelakaan. Untuk membawa buah hati pulang ke rumah, bunda membutuhkan car seat khusus bayi yang baru lahir hingga usia beberapa bulan, atau yang biasa disebut infant-capsule. Ketika membeli car seat, perhatikan tahun pembuatannya. Sebaiknya jangan menggunakan car seat yang berusia lebih dari 6 tahun. Hindari memasang car seat di kursi depan mobil yang menggunakan air bag karena bisa menimbulkan cedera pada si kecil bila terjadi kecelakaan.

2. Popok kain atau popok sekali pakai. Popok adalah benda yang sangat penting untuk dibawa saat kelahiran bayi. Bunda bisa menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Bila menggunakan popok kain, bunda mungkin membutuhkan nappy liner (kertas khusus yang diletakkan di dalam popok untuk menampung pipis atau kotoran bayi), celana plastik (untuk mencegah tempat tidur basah bila popok sudah basah), dan pengencang popok (untuk menjaga popok tetap terpasang dengan aman).

3. Baby wipes. Baby wipes adalah semacam tissue khusus bayi yang bisa digunakan untuk membersihkan area popok ketika mengganti popok bayi. Bunda bisa menggunakan bola-bola kapas dan air hangat sebagai alternatif tissue bayi. Jangan gunakan tissue basah biasa karena umumnya mengandung bahan kimia yang berpotensi membuat kulit si kecil iritasi.

Baca juga: Cara membuat play dough di rumah

4. Matras karet. Matras ini digunakan ketika mengganti popok supaya lebih rapi dan higienis. Bila tidak ada matras karet, bunda bisa menggunakan handuk atau kain yang dilipat, asalkan selalu diganti setiap selesai mengganti.

5. Kain bedong dan pakaian bayi. Bunda perlu membawa beberapa lembar kain untuk membungkus tubuh bayi ketika tidur. Bawa juga beberapa pakaian bayi. Sesuaikan pakaian bayi yang digunakan dengan kondisi cuaca.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru