09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bayam: Makanan super sehat untuk ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat403 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kandungan nutrisi bayam untuk ibu hamil

Jenis sayuran yang berwarna hijau gelap ini telah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan zat besi, folat, dan vitamin C-nya. Karena kandungan nutrisinya, bayam digadang-gadang oleh para ahli nutrisi sebagai salah satu jenis sayuran yang direkomendasikan bagi keluarga termasuk ibu hamil.

Seorang ahli nutrisi dari Asosiasi Ahli Gizi di Australia, Kate Gudorf, merekomendasikan bayam bagi ibu hamil karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi. Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh bunda akan meningkat, dan pembentukan darah membutuhkan zat besi sehingga otomatis ibu hamil memerlukan asupan zat besi yang lebih tinggi dibanding saat tidak hamil.

Baca juga: Inilah jenis minuman terlarang untuk bayi

Kandungan nutrisi bayam

1. Zat besi. Saat bunda hamil, rata-rata bunda memerlukan asupan zat besi sekitar 27mg per hari, angka ini lebih besar bila dibandingkan dengan angka kebutuhan zat besi saat bunda sedang tidak hamil yang mencapai 18mg per hari. Bunda yang kekurangan zat besi umumnya menunjukan gejala mudah lemas, lelah, dan tidak bersemangat.

2. Folat dan vitamin C. Unsur folat diperlukan si janin untuk pertumbuhan optimal jaringan syarafnya. Disamping folat, kandungan vitamin C yang tinggi dalam sayuran hijau tua ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh bunda berada pada kondisi optimal. Dampaknya, bunda akan lebih tahan terhadap serangan kuman penyakit.

3. Kalsium dan serat. Unsur kalsium diperlukan bunda terutama si janin untuk pertumbuhan tulang yang optimal. Khusus untuk bunda, kandungan serat dalam jenis sayuran ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga terhindar dari serangan konstipasi atau sembelit.

Baca juga: 4 Aktivitas bermain untuk si kecil

4. Protein. Ternyata bayam juga mengandung protein yang sangat diperlukan tubuh untuk memperbaharui jaringan rusak dan pembentukan sel-sel baru. Inilah sebabnya bayam selalu direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk selalu dikonsumsi bersama dengan jenis makanan sehat lainya.

Tips seputar konsumsi bayam

1. Saat bunda membeli bayam di pasar, selalu pilih yang masih nampak segar dan belum layu. Bayam segar ditandai dengan warna daun yang hijau cerah serta batang yang masih kaku dan mudah dipatahkan menggunakan tangan. Saat bunda menyimpan bayam di lemari es, jangan menyimpannya terlalu lama. Sebaiknya buang bayam yang daunnya sudah nampak layu apalagi rusak.

2. Bunda dapat mengkonsumsi sayuran bayam dalam kondisi mentah, misalnya sebagai bahan pelengkap salad atau tambahan komponen jus sayuran. Pastikan untuk mencuci bersih bayam dalam air mengalir, untuk menghindari adanya kotoran dan bakteri berbahaya.

Baca juga: 5 Alternatif petualangan outdoor untuk balita bunda

3. Saat bunda memasak bayam, upayakan untuk mempersingkat kontak panas dengan bayam. Misalnya saat bunda membuat sayur bayam, didihan air terlebih dahulu, setelah mendidik baru masukan sayur bayam dan segera matikan api setelah dirasa cukup. Kontak yang terlalu lama dengan panas dikhawatirkan dapat merusak kandungan nutrisi dalam bayam.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru