09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Beberapa hal yang menyebabkan si kecil menangis terus

KategoriBayi
Di lihat955 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kenapa bayi suka nangis terus?

Ayah dan bunda pasti khawatir bila si kecil menangis terus-terusan. Hal ini bisa sangat mengganggu khususnya bagi para orang tua baru. Banyak hal yang menyebabkan si kecil menangis, misalnya karena lapar, lelah, bila popoknya basah atau kotor, bila ia kedinginan atau kepanasan, dan sebagainya. Namun, bayi yang mengangis terus menerus bisa saja mengalami gangguan kesehatan khusus. Dengan mengetahui penyebab si kecil menangis, ayah dan bunda akan lebih mudah mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Cara memaksimalkan imunitas anak

Akibat si kecil menangis terus menerus

Beberapa penelitian mengungkap bahwa bayi disebut menangis terlalu banyak bila ia menangis 3 jam setiap hari selama 3 hari seminggu selama 3 minggu atau lebih. Bayi yang menangis terus menerus bisa menyebabkan para orang tua merasa lelah, sukar berkonsentrasi, mudah hilang kesabaran, mudah frustasi, dan merasa tidak mempu merawat anaknya.

Penelitian yang lain juga menemukan bahwa ibu yang bayinya menangis terus menerus biasanya mengakhiri masa menyusui lebih cepat dan ingin mengurangi tatap muka dengan buah hatinya. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan kaitan antara bayi yang banyak menangis dengan depresi paska persalinan yang terjadi pada ibunya.

Apakah si kecil mengalami kolik?

Menurut istilah medis, kolik adalah kondisi dimana bayi menangis terus menerus selama lebih dari 3 jam setip harinya tanpa sebab medis yang jelas (untuk itu pastikan si kecil sudah diperiksa kesehatannya oleh dokter anak). Gejala kolik biasanya terjadi ketika si kecil berusia 6 minggu dan biasanya akan hilang dengan sendirinya saat ia berusia 12 minggu.

Sampai detik ini, belum ada studi yang bisa menerangkan secara pasti penyebab kolik maupun cara mengatasinya.Bila ayah bunda menduga si kecil mengalami gejala kolik, ayah dan bunda bisa menghubungi dokter untuk memperoleh saran medis yang tepat.

Baca juga: cara memilih pasta gigi untuk anak

Apakah si kecil menderita refluks?

Bila asam labung naik ke saluran pencernaan bayi yang belum sempurna, si kecil bisa merasakan sensasi terbakar yang menyakitkan. Muntah, menangis, dan membengkokkan punggungnya adalah tanda-tanda dari Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Gangguan ini biasanya terjadi di awal masa hidup bayi ketika organ pencernaan bagian atasnya belum tumbuh sempurna, dan akan hilang ketika ia berusia 6 hingga 12 bulan. Pada beberapa kasusn ekstrim, si kecil bisa sulit naik berat badannya, mengalami pendarahan pada usus, atau memuntahkan susu ke saluran udaranya sehingga menyebabkan batuk-batuk atau gangguan paru-paru.

Pada umumnya, gejala ini akan hilang sendiri. Akan tetapi, gangguan ini tetap membutuhkan tindakan medis. Sebuah penelitian membuktikan bahwa sekitar 1/3 dari bayi yang menderita GERD mengalami alergi susu sapi. Beberapa dokter merekomendasikan para orang tua yang anaknya mengalami GERD untuk mengganti susu formulanya dengan susu formula dengan protein terhidrolisis selama 2 minggu sebagai percobaan.

Gangguan ini biasanya mereda setelah memperoleh penanganan dokter. Terkadang dokter juga meresepkan obat-obatan untuk mengurangi asam lanbung si kecil. Yang penting, lakukan semua tindakan ini sesuai petunjuk dokter.

Penyebab lain bayi menangis terus menerus

Baca juga: Informasi seputar asma pada anak

Infeksi saluran kencing adalah kemungkinan lain penyebab si kecil menangis terus menerus. Tidak semua bayi yang mengalami kondisi ini akan mengalami demam. Bila bayi yang biasanya tenag tiba-tiba muntah dan gelisah terus menerus, ayah dan bunda segera membawanya ke rumah sakit untuk tes urin. Jika memang kondisi tersebut diakibatkan infeksi saluran kencing, bergantung pada tingkat keparahanya, dokter mungkin akan meresepkan obat jenis antibiotik untuk diminum si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru