09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Benarkah berendam busa sabun memicu infeksi saluran kencing si kecil?

KategoriParenting
Di lihat1915 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips Memilih jenis sabun untuk balita ayah bunda

Mungkin ayah bunda pernah mendapat informasi yang mengatakan bahwa sabun mandi tertentu yang digunakan si kecil untuk mandi berendam dapat menimbulkan infeksi saluran kencing. Menurut Rajiv Mathews, seorang ahli urologi anak di John Hopkins Children’s Center di Amerika Serikat, belum ada penelitian yang membuktikan hubungan antara berendam sabun dengan infeksi saluran kencing.

Baca juga: Cara membuat playdough tanpa menggunakan kompor

Yang merupakan fakta adalah sabun mandi atau bahkan air mandi yang tercampur sabun dapat memicu timbulnya iritasi pada bagian kemaluan si kecil jika tidak dibilas sempurna. Saat iritasi terjadi si kecil dapat merasakan sakit saat buang air kecil dan sering kali rasa sakit ini membuat si kecil menaha pipis yang dapat memicu infeksi saluran kencing. Jadi bukan sabunnya yang menyebabkan infeksi saluran kencing melainkan menahan pipisnya.

Sebagian ahli merekomendasikan untuk tidak membiasakan mandi berendam busa sabun sampai usia si kecil mencapai 3 tahun. Terlebih jika si kecil diketahui rentan terhadap infeksi saluran kencing, adalah hal yang bijak untuk tidak membiarkan mereka berendam lama dalam air sabun.

Tips aman seputar mandi untuk si kecil

1. Pilih sabun dan sampo yang diformulasikan untuk anak sehingga cocok dengan kondisi kulitnya yang masih lembut serta hindari menggunakan sabun orang dewasa untuk mereka.

Baca juga: 3 Resep jus buah penambah berat badan balita

2. Jika si kecil rentan terkena infeksi saluran kencing, hindari mandi berendam dalam air sabun. Pastikan bunda membilas tubuh si kecil sampai bersih setelah mereka berendam.

3.  Jangan meninggalkan si kecil mandi sendiri di kamar mandi. Damping mereka sampai selesai agar ayah bunda dapat memastikan keamananya.

Memilih jenis sabun yang tepat untuk balita ayah bunda

Saat ini ada begitu banyak merek dan jenis sabun yang terdapat dipasaran, lantas apa kriteria yang harus dijadikan patokan saat ayah bunda hendak membeli sabun untuk si kecil? Berikut adalah beberapa yang mungkin bisa dipertimbangkan:

1. Sabun batang. Jenis sabun berbentuk batang yang diformulasikan untuk bayi dan anak cukup banyak terdapat dipasaran. Salah satu kelebihan jenis sabun ini adalah harganya yang cukup murah, namun kelemahanya setelah di buka harus di simpan di tempat tertentu. Jika terlalu lama terkena air biasanya bentuk fisiknya akan berubah menjadi lembek.

Baca juga: Tips menangani luka bakar pada balita

2. Sabun cair. Meski dinilai harganya jauh lebih mahal daripada sabun batang, beberapa ayah bunda lebih memilih jenis sabun ini karena dinilai lebih praktis dan higienis dalam penggunaanya. Dengan menggunakan kemasan tertutup, kontak sabun dengan udara luar dapat diminimalisir sehingga ke higienisanya dapat terjaga.

3. Hair and body wash. Jenis sabun yang ketiga ini dapat digunakan untuk keramas dan membersihkan badan sekaligus. Tipe sabun ini dinilai lebih praktis karena dapat menggantikan sampo, terlebih saat bepergian sehingga mengurangi jumlah barang yang dibawa.

img source: sheknows

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru