09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Benarkah pijat kehamilan bagus untuk ibu hamil?

KategoriKehamilan
Di lihat1926 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apakah pijat kehamilan aman untuk ibu hamil?

Jika dilakukan dengan benar, pijat pada ibu hamil dinilai bagus untuk kesehatan. Beberapa terapis menyarankan ibu hamil melakukan sesi pijatan sebelum dan sesudah proses persalinan. Tidak banyak penelitian yang fokus dibidang ini. Salah satu diantaranya adalah penelitian yang dilakukan di Universitas kedokteran Miami, Amerika Serikat, para peneliti menyatakan pijat kehamilan dapat memberikan beragam manfaat bagi ibu hamil seperti meredakan sakit dibagian pinggang dan kaki, meredakan kecemasan, menurunkan tingkat stress serta meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: 5 Petualangan outdoor untuk si kecil

Sebuah penelitian lain mengungkap bahwa pijat yang dilakukan dengan benar terhadap wanita hamil yang mengalami depresi dapat memberikan manfaat antara lain berupa: menurunkan level depresi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan level hormon serotonin yang berdampak pada meningkatnya rasa bahagia, serta diduga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil lebih tahan terhadap berbagai serangan sumber penyakit.

Cara pijat kehamilan

Ada banyak teknik pijat kehamilan yang dikembangkan oleh para terapi bersertifikat, diantaranya yang cukup terkenal adalah tehnik pijat jaringan bawah dan pijat Shiatsu. Pijat jaringan bawah berfokus pada proses menekan sampai kejaringan otot dibeberapa tempat, sedangkan pijat Shiatsu dilakukan dengan cara memijat dan menotok bagian titik akupresur untuk menstimulasi energi tubuh.

Para ahli pijat kehamilan umumnya akan menyesuaikan tekhnik pijatan mereka dalam rangka meredakan beberapa keluhan yang sering dialami ibu hamil termasuk diantaranya adalah munculnya rasa pegal atau sakit dibagian kepala, kaki, punggung, dan pinggang. Pijat juga dapat dilakukan dalam rangka merespon perubahan fisik selama masa kehamilan seperti peningkatan volume darah yang bisa mencapai 50 persen, dan peningkatan kadar anti koagulan, serta peredaran darah ke kaki yang biasanya menjadi kurang lancar.

Baca juga: 6 Tips memacu kemampuan motorik si buah hati

Kondisi-kondisi diatas dapat meningkatkan resiko penyumbatan pembuluh darah terutama dibagian kaki pada ibu hamil. Pijat kehamilan yang dilakukan di daerah kaki dipercaya mampu menurunkan resiko penyumbatan tersebut.

Apakah pijat kehamilan aman?

Sebagian dokter kandungan tidak merekomendasikan pijat kecuali jika dilakukan oleh terapis professional bersertifikat. Rumah sakit atau klinik bersalin biasanya menyediakan layanan terapi pijat bagi ibu hamil. Beberapa terapis menyarankan agar pijat dilakukan setelah trimester pertama dilewati, hal ini dilakukan untuk menghindari resiko keguguran, meski sebagian terapis lainya menyatakan hal sebaliknya.

Karena jumlah penelitian seputar pijat keehamilan ini masih sangat minim, sebagian dokter kandungan lebih memilih pendekatan konservatif saat ibu hamil mengeluhkan beragam kondisi termasuk sakit pada beberapa bagian tubuh. Sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter saat hendak melakukan pijat kehamilan khususnya saat mereka mengalami:

Baca juga: 4 Jenis olah raga khusus si kecil

  • Kehamilan beresiko tinggi misalnya saat diketahui mengalami pergerakan bagian plasenta yang menempel kebagian rahin, atau setelah ibu hamil melahirkan secara prematur
  • Saat kehamilan dinyatakan beresiko atau setelah mengalami keguguran
  • Saat mengalami morning sickness termasuk mual dan muntah
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru