09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Benjolan di payudara saat hamil, haruskah khawatir?

KategoriKehamilan
Di lihat13184 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apakah benjolan di payudara saat hamil itu berbahaya, apakah itu tanda kangker payudara?

Pernahkah bunda menemukan benjolan di payudara saat hamil? Meskipun mungkin membuat kita merasa khawatir (karena biasanya yang terpikir pertama kali adalah kanker), benjolan di payudara saat hamil biasanya tidaklah berbahaya. Kanker payudara umumnya tidak menyerang wanita hamil, terutama yang berusia di atas 35 tahun. Penyebab munculnya benjolan tersebut biasanya adalah karena adanya kelenjar susu yang tersumbat.

Baca juga: Kebutuhan air minum ibu hamil

Penyebab benjolan di payudara saat hamil

Pada awal trimester kedua, kelenjar susu akan mempersiapkan dirinya untuk menghasilkan air susu. Pada proses ini terkadang ada kelenjar susu yang tersumbat dan membengkak. Kelenjar susu yang tersumbat biasanya menimbulkan benjolan yang keras, merah, dan nyeri bila disentuh. Benjolan ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, atau ketika bunda menyusui. Gejala ini merupakan tanda bahwa kelenjar susu sedang mempersiapkan dirinya untuk menyusui si kecil yang akan lahir ke dunia, dan bila bunda memilih untuk menyusui itu akan menghindarkan bunda dari resiko kanker payudara di masa selanjutnya.

Tips meredakan benjolan di payudara

Untuk membuat gangguan ini membaik, kita bisa mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat secara teratur atau membiarkannya terkena air hangat ketika mandi. Lakukan juga pijatan lembut pada bagian yang bengkak untuk membuka sumbatan pada kelenjar yang sakit. Para ahli juga menyarankan untuk menghindari penggunaan bra berkawat atau bra yang terlalu ketat selama terjadi benjolan. Bila benjolan tidak hilang selama beberapa hari atau bila ia menjadi semakin parah, hubungi dokter untuk memastikan bahwa bunda tidak mengalami infeksi.

Baca juga: 4 Aktivitas bermain menyenangkan untuk si kecil

Apakah benjolan di payudara kangker?

Lalu, apa sajakah tanda bila benjolan tersebut ternyata adalah kanker? Benjolan kanker biasanya tidak kemerahan dan nyeri pada awal terbentuknya. Benjolan kanker juga tidak bisa dihilangkan dengan pijatan dan kompres air hangat. Karena masih ada kemungkinan terjadinya kanker payudara pada wanita hamil, kita sebaiknya segera menghubungi dokter ketika menemukan hal yang mencurigakan pada payudara.

Sebaiknya, jangan menunggu hingga setelah melahirkan karena gangguan tersebut mungkin perlu segera ditangani. Memang, sangatlah sulit mendeteksi kanker payudara pada saat kehamilan ketika payudara lebih lembut dan biasanya bengkak. Bahkan dokter pun perlu melakukan pemeriksaan yang seksama untuk mendiagnosa adanya kanker.  Akan tetapi, hal ini bukannya tidak mungkin. Tindakan yang segera penting untuk mendapat diagnosa yang akurat dan penanganan yang tepat.

Baca juga: 6 Jenis permainan untuk mengasah otak balita

Diagnosa kangker payudara

Berikut adalah beberapa tahap pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk mendiagnosa adanya kanker payudara pada masa kehamilan.

  • Pemeriksaan fisik dan sejarah. Meliputi pemeriksaan tanda-tanda kesehatan umum, pemeriksaan adanya benjolan, dan sejarah kesehatan pasien.
  • Klinis pemeriksaan payudara. Pada tahap ini akan dilakukan pengujian payudara yang lebih teliti dan pemeriksaan adanya tanda gangguan lain, misalnya benjolan di bawah lengan.
  • MRI (Magnetic Resonance Imaging). MRI adalah prosedur pemeriksaan dengan medan magnet kuat, gelombang radio, dan komputer untuk memperoleh gambaran detil dari bagian dalam tubuh.
  • Uji USG. Adalah pemeriksaan menggunakan gelombang ultrasonik untuk memperoleh gambaran jaringan tubuh.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru