09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Berapa jumlah vitamin D yang diperlukan ibu hamil?

KategoriKehamilan
Di lihat1013 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berapa banyak ibu hamil perlu vitamin d dalam sehari

Banyak diantara ibu hamil yang kurang memperhatikan vitamin D selama masa kehamilannya, padahal peran vitamin yang satu ini sangat penting dan diperlukan khususnya untuk menjaga fungsi kerja otot, memelihara kekuatan tulang, serta membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan unsur kalsium.

Kekurangan vitamin D selama masa kehamilan beresiko menurunkan kadar kalsium pada tulang si janin. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, kondisi ini meningkatkan resiko si bayi untuk mengidap rickets, yaitu kondisi kerapuhan pada tulang setelah mereka lahir.

Baca juga: Adakah hubungan demam dengan kerusakan otak?

Tanda saat ibu hamil kurang vitamin D

Kadar vitamin D dalam tubuh dapat diketahui melalui tes darah, bunda dapat megajukan tes tersebut saat dalam masa program kehamilan. Umumnya dokter akan merekomendasikan tes ini diawal masa kehamilan. Saat hasil tes menunjukan kadar vitamin D yang rendah, dokter biasanya akan meresepkan suplemen vitamin D untuk dikonsumsi bunda.

Berapa banyak bunda yang hamil perlu vitamin D

Menurut seorang profesor ilmu kesehatan anak dari Universitas kedokteran South Carolina, Amerika Serikat, Bruce Hollis, sebagaimana dilansir situs babycenter, ia merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi 4.000 IU vitamin D per hari, dan 6.000 IU vitamin D perhari untuk ibu menyusui.

Sumber alami vitamin D

Sedikit berbeda dengan jenis vitamin lainya, vitamin D dapat diproduksi tubuh bunda dengan bantuan sinar matahari. Berjemur saat matahari mulai terbit adalah cara mudah dan murah untuk memastikan produski vitamin D dalam tubuh berlangsung optimal. Selain bantuan sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari beberapa sumber lain diantaranya:

Baca juga: Cara menurunkan demam anak secara alami

1. Ikan

Vitamin D yang diproduksi tubuh tidak bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh bunda, terlebih saat bunda mengandung, oleh karenanya, mendapatkan asupan vitamin D dari luar adalah solusinya. Diantara jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin D adalah kelompok ikan terutama jenis mackerel, salmon, sardines, dan ikan herring. Jenis ikan-ikan tersebut dapat memenuhi 10 persen dari angka kebutuhan vitamin D tubuh bunda.

Untuk kadar vitamin D, sebagai bahan perbandingan, diketahui 3.5 ons ikan salmon yang dimasak mengandung 360 IU vitamin D, 3.5 ons ikan mackerel mengandung 345 IU, 1 butir kuning telur mengandung 20 IU, dan 3 ons ikan tuna mengandung vitamin D sebanyak 200 IU. Selain Ikan, beberapa jenis makanan dan minuman yang dijual dipasaran biasanya sudah ditambahkan vitamin D misalnya jus jeruk, margarin, dan susu skim.

2. Suplemen

Vitamin D dalam bentuk suplemen umumnya direkomendasikan ahli saat tubuh bunda betul-betul kekurangan vitamin tersebut. Untuk dosis yang sesuai, bunda dapat meminta saran dari dokter kandungan dimana bunda melakukan pemeriksaan rutin.

Baca juga: Cara bijak mendisiplinkan balita

Gejala kekurangan vitamin D

Gejala kekurangan vitamin D umumnya agak sukar diamati oleh mata langsung. Diantara tanda umum yang sering muncul adalah sakit otot, merasa lemah, dan sakit dibeberapa bagian tulang. Mereka yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin jenis ini dapat juga tidak menunjukan gejala apapun.

Satu hal yang harus diketahui, jika ibu hamil mengalami kekurangan vitamin D, bisa dipastikan si janin pun mengalami kekurangan vitamin D.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru