09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Berbagai jenis ruam yang bisa menyerang kulit lembut bayi

KategoriBayi
Di lihat1622 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah hal yang menyebabkan ruam pada kulit bayi

Kulit lembut bayi yang masih sensitif harus dirawat supaya terhindar dari berbagai masalah kulit. Ruam popok adalah masalah kulit yang paling umum terjadi pada si kecil. Ternyata, ruam yang terjadi di area popok tidak hanya berupa peradangan, bengkak, dan kemerahan saja, namun seringkali menimbulkan gangguan lain seperti ruam lecet, kulit bersisik, eksim, dan infeksi jamur.

Penyebab timbulnya ruam pada kulit bayi

Secara umum, ruam popok disebabkan oleh enzim dalam feses bayi yang mengenai kulit sensitif si kecil. Gangguan ini bisa diperparah oleh gesekan antara kulit dengan popok, kelebihan produksi minyak, jamur, atau riwayat alergi pada keluarga. Lebih lanjut kondisi ini dapat menimbulkan jenis ruam lain, seperti cradle crap, eksim, ataupun infeksi jamur.

Baca juga: Usia tepat mengenalkan ikan pada si kecil

Karena penyebabnya adalah zat dalam feses, tindakan pencegahan ruam yang terbaik adalah dengan mengganti popok lebih awal dan lebih sering untuk menjaga area popok tetap bersih dan kering. Lebih baik lagi bila bunda mengoleskan krim anti lecet untuk melindungi kulit si kecil dari gesekan dengan popok setiap kali mengganti popok.

1. Ruam lecet

Iritasi oleh zat dalam kotoran bayi bisa diperparah dengan adanya gesekan antara kulit si kecil dengan popok sehingga menimbulkan lecet. Gejalanya biasanya adalah kemerahan dan munculnya bintik-bintik kecil berair pada area popok bayi. Gangguan ini sangatlah umum dan sering datang dan pergi.

Untuk menanganinya, biarkan si kecil tanpa popok sejenak (sekitar 10 menit atau lebih) setiap kali mengganti popok. Hal ini dilakukan supaya area popokĀ  terkena udara segar. Namun, ingatlah untuk menggunakan alas tidur bayi yang kedap air dan jangan membiarkan bayi di bawah paparan sinar matahari karena bisa membuat kulit terbakar.

Baca juga: Info penting seputar vitamin untuk si kecil

2. Cradle crap

Pada umumnya cradle cap terjadi pada kulit kepala bayi, namun juga bisa terjadi pada area popok. Cradle cap biasanya ditandai munculnya bintik-bintik merah dan lapisan tebal kekuningan seperti sisik yang tampak seperti ketombe. Gangguan ini disebabkan oleh kelebihan produksi minyak pada kulit yang memerangkap sel kulit tua. Jangan khawatir, cradle cap jarang terjadi pada area popok dan jika terjadi akan hilang setelah beberapa waktu.

Yang terpenting tetap pastikan area popok bersih dan kering serta sering terkena udara segar. Dokter anak mungkin akan meresepkan krim hidrokortison dan obat anti jamur yang harus digunakan dalam beberapa minggu, namun hal ini bukanlah keharusan.

3. Eksim di area popok

Anak dengan riwayat alergi di keluarganya rawan terkena eksim pada kulit. Ciri-ciri iritasi kulit ini adalah kulit yang kering, gatal, dan munculnya bercak-bercak kemerahan. Gangguan kulit ini lebih umum terjadi pada area wajah bayi atau bagian belakang lutut, namun bisa juga timbul pada area popok. Pemicunya beragam, mulai dari kelembaban yang berlebihan pada area popok hingga reaksi alergi yang dihasilkan oleh makanan tertentu.

Bila bunda menemukan jenis ruam ini terjadi pada kulit si kecil, berkonsultasilah dengan dokter anak. Dokter biasanya akan meresepkan krim hidrokortison untuk menghilangkan eksimnya dan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal. Eksim pada area popok bisa menyebabkan impetigo, yaitu infeksi bakteri yang menyebkan timbulnya gelembung-gelembung kecil berair pada kulit. Untuk mengatasinya, dokter biasanya meresepkan antibiotik.

Baca juga: Khasiat zat fitokimia dalam sayur dan buah

4. Infeksi jamur

Selain ruam lecet, cradle cap, dan eksim, infeksi jamur juga merupakan gangguan kulit yang perlu diwaspadai. Gangguan ini ditandai munculnya ruamĀ  berwarna merah terang, gatal, dan perih yang sangat mengganggu pada area antara perut dan paha dan bisa menyebar ke tempat lain. Infeksi jamur bisa muncul pada kulit yang iritasi (misalnya karean ruam popok), terutama pada lipatan kulit. Dokter biasanya akan meresepkan krim antijamur untuk mengatasi ruam kulit ini.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru