09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bila masa kehamilan lebih lama dari yang seharusnya

KategoriKehamilan
Di lihat446 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tindakan medis saat kelahiran mengalami keterlambatan

Umumnya kehamilan normal berlangsung selama 9 bulan. Namun, menurut ilmu kesehatan kehamilan yang normal berlangsung selama 37 hingga 41 minggu. Masa kehamilan yang melebihi batas waktu tersebut, terutama bila lebih dari 10 hari dinyatakan kurang baik. Pasalnya, kebutuhan janin pada usia tersebut sudah tidak dapat dicukupi oleh plasenta. Disamping itu, tubuh bayi akan semakin membesar dan sudah perlu dipisahkan dengan tubuh ibunya untuk kebaikan ibu dan janin itu sendiri.

Baca juga: Mitos dan fakta seputar nutrisi bayi

Proses kelahiran secara induksi

Pada sebagian besar kasus, para ibu yang masa kehamilannya melewati batas waktu tersebut (terutama lebih dari 7 hari dari prediksi normal) dianjurkan untuk melakukan proses induksi untuk merangsang kelahiran si kecil. Berikut adalah proses-proses yang biasa dilakukan tenaga kesehatan ketika bunda membutuhkan proses induksi tersebut.

1. Pemeriksaan mulut rahim. Sebelum dilakukan proses induksi, tenaga medis akan memeriksa seberapa panjang leher rahim bunda, dimana posisi janin, dan apakah leher rahim sudah melebar.

2. Pematangan mulut rahim. Bila tenaga medis mendapati bahwa mulut rahim belum siap untuk kelahiran, maka akan diberikan prostaglandin sintesis yang biasanya berupa gel. Prostaglandin sintesis adalah senyawa mirip senyawa kimia yang dilepaskan tubuh menjelang kelahiran. Atau, tenaga medis akan menerapkan suatu untuk merangsang pematangan mulut rahim atau serviks. Metodenya, tenaga medis akan memasukkan jari ke dalam serviks dan menggerakkannya secara melingkar untuk mengangkat membran di bagian bawah serviks dan menstimulasi pelepasan prostaglandin.

3. Memecah ketuban. Bila serviks sudah siap untuk kelahiran, dokter akan memecah ketuban untuk merangsang kelahiran menggunakan alat khusus. Pada beberapa kasus, proses pemecahan ketuban ini akan merangsang kontransi rahim untuk mendorong bayi keluar, jika tidak dokter akan melanjutkan prosesnya dengan memicu kotraksi rahim.

Baca juga: Kapan sebaiknya tali pusar bayi dipotong?

4. Memicu kontraksi rahim. Selanjutnya, tenaga medis akan memberikan infus pada bunda berisi obat-obatan untuk memicu kontraksi rahim. Infus yang diberikan akan dipantau dengan sangat hati-hati hingga kontraksi terjadi dalam waktu 1 menit selama 10 menit atau lebih. Beberapa orang begitu sensitif terhadap obat-obatan ini sehingga kontraksi berlangsung lebih lama dan tenaga medis perlu melepas infus.

Apakah keterlambatan kelahiran akan berulang?

Beberapa ibu hamil yang pernah mengalami keterlambatan kelahiran, mungkin takut hal itu akan terulang kembali pada kehamilan selanjutnya. Namun, menurut dr Gino Pecoraro, juru bicara the Royal Australian and New Zealand College of Obstetricians, tiap kehamilan adalah unik. Kita tidak dapat mengetahui apakah keterlambatan persalinan berdasarkan kondisi kehamilan sebelumnya. Karenanya, bunda tidak perlu khawatir berlebihan sehingga malah mengganggu kesehatan ibu dan janin.

Bila bunda tidak mau diinduksi

Secara umum, para ahli tidak menyarankan membiarkan proses kehamilan yang telah melewati 10 hari dari batas waktu normalnya. Namun, bila bunda tidak menghendaki kelahiran secara induksi, dokter akan menyarankan untuk melakukan monitoring yang lebih intensif terhadap kesehatan bayi.

Baca juga: ASI membuat bayi lebih cerdas, benarkah?

Bunda perlu memastikan bahwa bayi bergerak di dalam kandungan paling tidak 10 kali dalam sehari.  Dokter akan memeriksa kesehatan jantung bayi paling tidak seminggu sekali. Selain itu, perlu dilakukan pengukuran jumlah cairan di sekitar janin dan aliran darah melalui tali pusar dan pembuluh lainnya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru