09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bila si kecil menolak disusui atau menggigit puting susu

KategoriMenyusui
Di lihat1650 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

yang harus dilakukan saat bayi menolak minum asi

Terkadang bunda merasa sangat khawatir ketika si kecil menolak untuk disusui. Beberapa kondisi termasuk diantaranya gangguan kesehatan pada bayi bunda dapat memicu kondisi ini. Namun bunda tidak perlu terlalu risau, umumnya masalah semacam ini akan segera berlalu. Yang terpenting, bunda harus selalu memantau kondisi si buah hati, jika dirasa perlu segera temui dokter untuk berkonsultasi.

Baca juga: Manfaat jagung manis bagi balita bunda

Penyebab bayi menolak disusui

1. Bayi mengalami flu atau pilek.

2. Bayi sedang merasa tidak nyaman atau sakit.

3. Bayi memiliki kesulitan dalam menghisap air susu.

4. Bayi terlalu bersemangat, lelah, atau merasa terganggu. Karenanya, cobalah untuk memilih tempat yang tenang untuk menyusui.

5. ASI yang dihasilkan bunda terasa berbeda, mungkin karena bunda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami perubahan hormonal (misalnya, karena akan datang bulan kembali), atau karena bunda baru mengkonsumsi makanan yang tidak biasa.

6. Aliran susu lebih cepat, lebih lambat, atau susu yang dihasilkan lebih sedikit dari biasanya.

Sebagian besar penyebab menolaknya si kecil saat disusui akan berlalu dengan sendirinya, dan sebagian lagi bisa diatasi dengan melakukan perubahan sederhana pada rutinitas bunda. Yang perlu digarisbawahi, hal ini bukanlah alasan untuk berhenti menyusui si buah hati, mengingat ASI adalah makanan super yang kaya manfaat bagi si kecil. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat membantu bila si kecil menolak untuk disusui.

Baca juga: 7 Jenis makanan berserat tinggi untuk si kecil

Tips saat si kecil menolak disusui

  • Cobalah posisi baru untuk menyusui.
  • Masukkan sedikit ASI yang telah diperas ke mulut bayi. Hal ini mungkin bisa menimbulkan keinginannya untuk minum susu.
  • Cobalah untuk menyusui sambil digendong atau berjalan.
  • Berikan ASI pada bayi setelah ia dimandikan, ketika ia sedang rileks dan merasa hangat.
  • Bila si kecil menolak untuk disusui, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dulu. Mungkin dengan menggendongnya ke luar rumah, menyanyikan sebuah lagu, atau memberikan mainan yang disukainya. Setelah itu, batu tawarkan ASI kembali.
  • Putar musik yang tenang.
  • Cobalah untuk menyusui di kursi goyang.

Yang penting, usahakan untuk tetap tenang dan jangan memaksa si kecil untuk minum susu karena bisa membuat penolakannya semakin parah. Bila bunda menemui kesulitan, bunda bisa menghubungi konsultan laktasi.

Bila bayi mulai menggigit puting susu

Ketika si kecil mulai besar, ia mulai memiliki gigi, terkadang saat giginya mulai tumbuh, gusinya akan terasa gatal danmereka akan mengigit apa yang dapat mereka raih termasuk saat minum ASI. Mungkin juga, ia akan menemukan keasyikan ketika menggigit puting susu bunda setelah menyusui, terutama bila ia merasa tidak mendapat cukup perhatian. Bila si kecil melakukan ini, katakan “Tidak” dengan tenang dan tegas, kemudian jauhkan ia dari puting susu. Bila bunda mengatakannya dengan terlalu keras, si bayi mungkin merasa bunda sedang bermain-main, atau mungkin sebaliknya, ia akan menjadi takut.

Baca juga: Waspada! Tanda si kecil menelan benda asing

Beberapa bayi mulai menggigit bila ia sudah tidak sabar untuk minum susu tetapi air susu tidak kunjung keluar. Bila hal ini terjadi, akan sangat membantu bila bunda memeras sedikit ASI untuk mempermudah air susu keluar.

Bunda juga bisa menawarkan benda lain yang aman untuk digigit oleh si kecil, misalnya teething ring. Beberapa ibu memeras ASI bila si kecil tetap suka menggigit puting. Namun, sebisa mungkin hindari melakukan ini. Satu lagi, selalu ingat untuk merawat puting susu bila ia terluka karena gigitan bayi, karena hal ini bisa menyebabkan infeksi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru