09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bolehkah bayi minum jus buah?

KategoriNutrisi
Di lihat1115 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bolehkah bayi mengkonsumsi jus buah

Berbagai macam rasa dan merek jus buah dengan mudah dapat ditemui dipasaran, masing-masing produk mengklaim sebagai minuman sehat yang mengandung segala kebaikan buah,  mensuplai kebutuhan vitamin C, termasuk kalsium dan zink. Barangkali pernah muncul pertanyaan dibenak Bunda, bolehkan bayi Bunda diberi jus buah? Jika iya, apa sebaiknya memberi sikecil jus buatan sendiri atau produk siap saji dipasaran?

Untuk mengetahui komposisi jus dalam kemasan, Bunda dapat membaca kandunganya melalui label kemasan. Mayoritas produk jus siap saji akan mengandung gula, beberapa bahkan mengandung pemanis buatan, mineral dan vitamin yang sengaja ditambahkan untuk meningkatkan kandungannya. Berbeda dengan jus dalam kemasan, kandungan gula tambahan pada jus buatan sendiri tenstu saja lebih fleksibel, tergantung apakah bunda menambahkan gula atau tidak. Sedangkan kandungan vitamin sesuai dengan vitamin yang terkandung dalam buahnya.

Jika Bunda berencana memberikan asupan jus buah bagi si kecil, ahli timbuh kembang anak lebih merekomendasikan jus buah buatan sendiri disbanding jus dalam kemasan. Kandungan kalori dalam betuk gula dan karbohidrat pada jus kemasan cukup tinggi selain biasanya tidak mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sikecil. Beberapa produk jus dalam kemasan juga mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan yang kurang bijak diberikan pada sikecil.

Berapa banyak jus boleh diberikan pada sikecil?

Berapa banyak dan seberapa sering jus buah diberikan pada balita Bunda? Jawabanya tergantung pada usia dan pola konsumsi nutrisi sikecil. Bayi dengan usia dibawah 6 bulan tidak direkomendasikan untuk diberikan jus kecuali beberapa dokter anak membolehkan untuk meredakan efek sembelit. Bayi dengan usia 6 bulan sudah cukup mendapatkan nutrisi dari ASI yang diberikan bunda.

Bayi dengan usia diatas 6 bulan boleh diberikan jus sebanyak 118 ml per hari, anak dengan usia dibawah 6 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah diatas 177 ml per hari. Perlu bunda ketahui bahwa konsumsi jus bukan untuk menggantikan konsumsi harian air, dan bukan pula untuk menggantikan konsumsi buah segar.

Beberapa hal yang patut diperhatikan

Jika bunda memberikan sikecil jus buah, tempatkan jus dalam gelas bukan dalam dot. Jika sikecil belum bisa memegang gelas sendiri, gunakan sendok untuk menyuapi sikecil. Penggunaan dot untuk mengkonsumsi jus dapat memicu kerusakan gigi. Dampingi konsumsi jus dengan makanan ringan atau makan berat untuk menambah asupan nutrisi harianya. Agar tidak merusak selera makan sikecil, jangan berikan jus buah setidaknya 30 menit sebelum makan.

Meski sikecil sudah mengkonsumsi jus buah, pastikan asupan buah segar juga ada di menu harian sikecil. Beberapa tipe jus yang sudah melewati proses penyaringan, miskin akan kandungan serat dan nutrisi lainya. Mengkonsumsi buah segar akan memenuhi kebutuhan vitamin dan zat nutrien mikro lainya. Jika Bunda bermaksud memberikan variasi jus buah untuk pertamakali, pastikan bahwa sikecil tidak mengalami allergi dengan komposisi jus nya. Terkait dengan informasi lebih detail mengenai pemberian jus buah bagi sikecil, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru