09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bolehkah ibu hamil minum kopi?

KategoriKehamilan
Di lihat396 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apakah ibu hamil boleh minum kopi?

Para ahli kandungan bersepakat bahwa ibu hamil dan bunda yang merencanakan kehamilan harus menghindari konsumsi kafein dalam jumlah tinggi. Meski demikian, belum ada kesepakatan yang bulat mengenai berapa banyak kafein yang masih diperbolehkan bagi ibu hamil.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2008 mengungkap bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi 200 miligram atau lebih kafein dalam sehari memiliki resiko keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kafein.

Baca juga: Bahaya heat stress pada bayi

Penelitian lain yang dilakukan di Denmark menyatakan ibu hamil yang mengkonsumsi lebih dari 8 gelas kopi per hari memiliki resiko kematian bayi saat melahirkan dua kali lipat dibanding mereka yang tidak minum kopi. Peneliti lainya menunjukan bahwa bayi yang terlahir dari ibu yang mengkonsumsi lebih dari 500 mg kafein selama masa kehamilan, memiliki detak jantung dan nafas yang lebih cepat dibanding bayi lainya.

Kafein dan kehamilan

Satu hal yang pasti, sebaiknya bunda yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau sedang menyusui, membatasi atau tidak mengkonsumsi sama sekali minuman yang mengandung kafein termsuk kopi. Kafein digolongkan kedalam stimulan yang mampu menaikan laju detak jantung, serta berpotensi menimbulkan insomnia. Kafein dalam kopi juga dapat memicu produksi asam lambung, sehingga menaikan resiko penyakit maag.

Pengaruh kafein akan semakin nampak pada ibu hamil, karena selama kehamilan, kemampuan tubuh bunda untuk mengurai kafein menjadi semakin lambat. Di trimester kedua, tubuh bunda memerlukan waktu hampir 2 kali lebih lama untuk mengurai kafein, dan di trimester ke tiga, memerlukan waktu hampir 3 kali lebih lama untuk membuang kafein dari aliran darah.

Baca juga: 8 Tips seputar makanan bayi

Kandungan kafein yang tinggi dalam darah ibu hamil juga dapat berdampak pada si janin, kafein dapat masuk kedalam tubuh si janin melalui plasenta. Karena tubuh janin belum bisa mencerna kafein, maka tubuhnya akan menampung kafein yang bunda minum. Hal ini juga berlaku bagi ibu menyusui, kafein yang bunda minum dapat masuk ke tubuh si kecil melalui ASI. Jadi sebaiknya ibu menyusui juga membatasi jumlah kopi yang diminum setidaknya dibulan-bulan awal setelah kelahiran.

Pengaruh kopi dan teh bagi ibu hamil

Alasan lain kenapa ibu hamil harus membatasi atau bahkan menghindari minuman dari jenis kopi dan teh karena minuman tersebut mengandung zat alami yang disebut dengan phenol. Dalam tubuh bunda, zat ini dapat menghambat penyerapan zat besi padahal masa hamil adalah saat dimana bunda memerlukan asupan zat besi tinggi karena harus berbagi dengan si janin.

Baca juga: Fakta penting seputar susu formula bayi

Makanan dan minuman sumber kafein

Semua orang tau bahwa kopi adalah minuman yang mengandung kafein, namun tau kah bunda bahwa ada makanan dan minuman selain kopi yang juga mengandung kafein. Teh, beberapa jenis soft drink, minuman energi, dan coklat merupakan sumber kafein, baca label kemasan untuk memastikan kandungan kafeinnya. Waspada pula dengan produk turunan kopi seperti permen kopi, dan es krim kopi, meski kadar kafeinya tidak terlalu tinggi, namun dalam jumlah banyak kafeinya dapat terakumulasi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru