09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bolehkan ibu menyusui minum obat?

KategoriMenyusui
Di lihat9849 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apakah ada resiko ibu hamil minum obat kimia?

Tak hanya saat mengandung, ketika menyusui pun bunda wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Apa yang bunda makan akan secara langsung mempengaruhi komposisi ASI yang diminum si buah hati. Para ahli sangat merekomendasikan ibu menyusui untuk mengkonsumsi beragam makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi berimbang.

Mereka juga menyarankan agar bunda berhati-hati dengan makanan ataupun minuman yang mengandung zat tertentu yang dinilai tidak cocok bagi si kecil, misalnya seperti kafein yang terdapat dalam kopi atau minuman berenergi. Beberapa penenitian menghubungkan konsumsi kafein berlebih saat menyusui dengan laju detak jantung si kecil yang meningkat. Kafein dapat berpindah dari tubuh bunda ke tubuh si mungil melalui ASI.

Baca juga: 5 Cara ampuh memproteksi bayi dari penyakit

Disamping kafein, ibu menyusui harus ekstra hati-hati saat minum obat. Menurut situs Mayoclinic.org, hampir semua jenis obat yang masuk kedalam aliran darah bunda dapat berpindah ketubuh si kecil melalui perantaraan ASI. Meski diketahui kadar obat yang terdapat dalam ASI cukup rendah, tetap para ahli menyarankan agar bunda menyusui selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat.

Jika bunda bermasud meminum obat tanpa resep dokter, pastikan untuk membaca label kemasan. Jika tidak yakin, bunda dapat berkonsultasi dengan tenaga medis sebelum mengkonsumsi jenis obat tertentu.

Resiko obat dalam ASI

Dampak obat yang secara tidak sengaja ada dalam air susu ibu, dinyatakan cukup beresiko terutama bagi bayi yang terlahir prematur, bayi yang baru lahir, serta bayi yang mengalami gangguan ginjal. Para ahli menyatakan resiko tersebut menjadi lebih kecil pada bayi yang berusia 6 bulan keatas.

Haruskah berhenti menyusui saat minum obat?

Sebagian besar obat yang terdapat dipasaran dinyatakan aman bagi ibu menyusui, meski demikian bunda harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Sebagian orang merekomendasikan bunda untuk berhenti menyusui selama mengkonsumsi obat, namun demikian banyak ahli yang mengatakan bunda tidak perlu berhenti menyusui kecuali saat dokter memintanya.

Baca juga: 6 Penyebab perubahan warna gigi si kecil

Saat harus berhenti menyusui

Jika memang dokter merekomendasikan seorang ibu untuk berhenti menyusui saat mengkonsumsi obat karena dinyatakan berbahaya bagi si bayi, bunda dapat menggunakan pompa ASI untuk mengeluarkan ASI agar payudara tidak terasa sakit. Untuk sementara bunda dapat menggunakan susu formula selama pengobatan. Alternatif lainnya, sebelum mengkonsumsi obat, bunda dapat memeras susu dalam jumlah yang sukup banyak untuk disimpan dalam lemari es dan digunakan saar dibutuhkan.

Bayi menolak minum ASI apakah karena obat?

Bisa saja si kecil tiba-tiba menolak ASI karena jenis makanan termasuk obat merubah rasa ASI, sehingga mereka merasa tidak nyaman dengan rasa ASI-nya. Jika bunda mengalami gangguan kesehatan ringan, upayakan untuk mencari agar bisa sembuh tanpa harus mengkonsumsi obat.

Baca juga: Tips merawat bayi prematur

Misalnya saat bunda terkena flu dan batuk, sampai tahap tertentu, bunda dapat memprioritaskan penyembuhan tanpa obat kima. Flu ringan yang disebabkan oleh infeksi virus, umumnya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari bunda beristirahat dan memperbaiki asupan nutrisi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru