09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bun, mengenal pola tidur bayi di tahun pertama yuk!

KategoriBayi
Di lihat3739 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana pola tidur anak bayi usia dibawah satu tahun?

Pola tidur bayi memang berbeda dengan orang dewasa. Ada kalanya, saat ayah dan bunda baru saja mau beristirahat si kecil tiba-tiba bangun dari tidur nyenyaknya. Mengetahui pola tidur bayi pada tahun pertama kehidupannya dapat membantu ayah bunda untuk meningkatkan kualitas tidur si buah hati. Tidur yang berkualitas dapat membuat si kecil lebih sehat dan tidak rewel.

Umumnya bayi yang baru lahir dapat tidur selama 16 hingga 18 jam dalam sehari dengan pola “4 jam”. Artinya, bayi akan tidur selama 3 jam, kemudian bangun selama kurang lebih 1 jam untuk minum susu atau mengganti popok, kemudian kembali tertidur, begitu seterusnya. Pada masa ini bunda tidak perlu membangunkan bayi untuk minum susu karena ia akan bangun sendiri ketika merasa lapar.

Baca juga: Seputar fakta sehat jus buah dan sayur

Pada minggu-minggu pertama kehidupannya, sebaiknya bayi ditidurkan di tempat tidur khusus, terpisah dari ayah dan bundanya. Jangan menidurkan bayi di tempat tidur orang tua, karena dikhawatirkan si kecil bisa tertimpa orang dewasa yang tidur di dekatnya. Selain itu, jangan biarkan si kecil tidur dalam posisi tertelungkup pada perutnya. Tidur dalam posisi terlentang pada punggung lebih aman dan bisa menghindarkan bayi dari resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom kematian mendadak pada bayi.

Pola tidur bayi di tahun pertama

Pada 11 minggu pertama pasca-kelahiran, ritme sirkaidiannya (pola tidur dan bangun yang dipengaruhi gelap-terang) bayi belum terbangun. Akibatnya bayi bisa terbangun 4 hingga 6 kali di malam hari. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, si kecil ritme sirkadiannya akan semakin matang sehingga si kecil tidur lebih banyak di malam hari dan terjaga di siang hari. Pola tidur normal bisa berbeda-beda pada setiap anak, namun berikut ini adalah pola tidur umum bayi berdasarkan usianya.

Usia 2 hingga 4 bulan. Bayi biasanya tidur dalam durasi yang lebih panjang di malam hari, sekitar 6 jam sekali terlelap. Sistem pencernaan bayi telah berkembang sehingga bisa menampung lebih banyak air susu. Setelah si kecil berusia 3 bulan, ia akan tidur sekitar 15 jam sehari, dimana 10 jam ia habiskan untuk tidur di malam hari.

Baca juga: 5 Makanan wajib bagi si buah hati

Usia 5 hingga 7 bulan. Pada masa ini pola tidur si kecil tidak lagi terlalu merepotkan. Pada saat memasuki bulan ke-6, mereka akan lebih sedikit minum susu di malam hari. Pada usia ini bayi biasanya tidur 8 jam di malam hari dan 3 hingga 4 jam di siang hari.

Usia 8 hingga 12 bulan. Pada usia ini bayi akan tidur 2 kali sehari. Pada malam hari ia bisa terlelap sekitar 9 jam. Setelah ia berusia 2 tahun, ia akan tidur sekali dalam sehari.

Tips tidur berkualitas bagi si kecil

1. Terangi kamar si kecil saat siang hari. Bila kamar tidur terlalu gelap, tubuh bayi akan merasa bahwa hari telah memasuki waktu malam sehingga si kecil akan banyak tidur. Banyak tidur di siang hari akan membuat bayi lebih sedikit tidur di malam hari.

2. Pasang kerai. Terutama bila di luar kamar tidur bayi ada sumber penerangan, seperti lampu jalan. Hal ini juga membantu kita menghindarkan kamar tidur bayi dari suara yang mengganggu. Akan tetapi, jangan lupa untuk membuka kerai ketika pagi tiba supaya cahaya matahari bisa masuk ke kamar.

Baca juga: 7 Alternatif cemilan sehat untuk si buah hati

3. Hindari menimang bayi hingga tidur. Menimang bayi hingga tertidur lelap akan membuat si kecil mengasosiasikan tidur seperti ketika ia ada dalam gendongan ayah dan bunda. Ia akan menjadi sulit untuk tidur sendiri ketika tidak digendong. Untuk mengatasinya, ayah dan bunda bisa menimang bayi untuk membuatnya lebih mudah tidur, namun baringkan si kecil di tempat tidur ketika ia mulai tertidur (belum benar-benar terlelap).

4. Persingkat durasi menyusui dan mengganti popok di malam hari. Hal ini penting untuk mengajarkan bayi bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur dan bukan untuk bermain. Selain itu, gelapkan kamar tidur bayi di malam hari untuk membuatnya lebih mudah tidur.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru