09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bunda wajib tahu: Bahaya merokok saat hamil bagi si janin

KategoriKehamilan
Di lihat909 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

hindari merokok saat hamil karena dampaknya tak hanya dirasakan ibu hamil namun juga oleh si janin

Sudah begitu banyak orang yang mengetahui bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Menurut data statistik, kebiasaan merokok menjadi penyebab nomor satu dari berbagai gangguan pada janin, termasuk kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat rendah, hingga kematian janin. Tidak hanya bagi janin, kebiasaan merokok juga menimbulkan dampak negatif pada ibu hamil karena dapat memicu tekanan darah tinggi dan diabetes.

Baca juga: Peran susu formula sebagai suplemen ASI

Mengapa kebiasaan merokok berbahaya bagi kehamilan?

Sebatang rokok mengandung 400 jenis zat kimia yang mayoritas berbahaya. Saat wanita hamil merokok, zat-zat berbahaya tersebut larut di dalam aliran darah yang merupakan alat transportasi oksigen dan nutrisi satu-satunya bagi janin.  Zat-zat tersebut termasuk nikotin dan karbon monoksida yang merupakan penyebab dari hampir semua gangguan kesehata  pada janin akibat ibu hamil merokok selama kehamilan.

Bagaimana pengaruh rokok terhadap kondisi janin?

Rokok memiliki pengaruh negatif yang besar bagi perkembangan janin. Bila dirata-rata, menghisap 1 pak rokok sehari selama kehamilan dapat mengurangi berat lahir bayi hingga seperempat kilogram. Bayangkan bila ibu hamil menghisap lebih dari 1 pak rokok dalam sehari. Kebiasaan tersebut tentu sangat berbahaya karena berat lahir yang rendah dapat berdampak negatif bagi kesehatan si kecil di masa depan.

Paru-paru bayi yang lahir dengan berat rendah biasanya tidak berkembang sempurna. Mereka mungkin harus menggunakan respirator pada hari atau minggu pertama setelah kelahirannya. Setelah bayi bisa lepas dari respirator dan bernafas sendiri, ada kemungkinan mereka akan mengalami gangguan pernafasan di kemudian hari karena perkembangan paru-paru yang tidak sempurna. Beberapa studi juga menunjukkan kaitan kebiasaan merokok saat hamil dengan meningkatnya resiko anak-anak menderita asma dan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Baca juga: 6 Masalah menyusui dan tips mengatasinya

Kebiasaan merokok saat hamil juga dikaitkan dengan cacat jantung bawaan pada bayi. Resiko cacat jantung bawaan pada bayi yang ibunya merokok selama kehamilan, 20% hingga 70% lebih tinggi daripada yang tidak. Cacat jantung tersebut termasuk adanya sumbatan pada aliran darah ke paru-paru dan terbukanya dinding pembatas serambi kiri dan kanan pada jantung.

Tidak berhenti disana, kebiasaan buruk merokok saat hamil juga mempengaruhi otak janin. Bayi yang lahir dari ibu yang merokok saat hamil memiliki kecenderungan menderita kesulitan belajar dan masalah perilaku di masa depan, serta memiliki level IQ yang lebih rendah.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

Cara terbaik untuk menjauhkan si buah hati dari berbagai bahaya di atas adalah berhenti merokok sekarang juga. Bahkan, kebiasaan merokok sebaiknya dihentikan ketika bunda sedang merencanakan kehamilan. Studi membuktikan bahwa berhenti merokok ketika merencanakan kehamilan dapat meningkatkan peluang bunda untuk hamil hingga 40%.

Baca juga: Inilah tips menyusui bayi kembar

Menurut sebuah studi, ibu yang berhenti merokok pada trimester pertama telah mengurangi resiko bayi lahir dengan berat kurang, bahkan si bayi bisa berkembang sama normalnya dengan bayi lain yang ibunya bukan perokok. Bila bunda berhenti pada trimester kedua, resiko tersebut juga berkurang, namun tentunya tidak sebesar bila kebiasaan merokok telah dihentikan sejak trimester pertama. Ketika bunda berhenti merokok, janin akan mulai memperoleh lebih banyak oksigen untuk pertumbuhannya sehingga akan tampak perkembangan yang signifikan pada kondisi janin.

Menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah. Untuk itu, mintalah dukungan dari sekitar dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keputusan bunda berhenti merokok. Dokter akan dengan senang hati memberikan saran, bahkan meresepkan obat-obatan yang bisa membantu usaha bunda untuk berhenti merokok.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru