09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bunda wajib tau: 6 Ciri-ciri hamil muda

KategoriKehamilan
Di lihat6118 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah cici-ciri orang hamil muda

Ayah bunda yang telah beberapa waktu melangsungkan pernikahan tentu sudah tidak sabar mengharapkan kehadiran si mungil yang akan semakin menyemarakan keluarga. Mungkin bunda harap-harap cemas saat siklus menstruasi mengalami keterlambatan beberapa hari, apakah bunda hamil?

Perlu ayah bunda ketahui bahwa tanda-tanda kehamilan baru akan terdeteksi secara fisik setelah beberapa pekan. Untuk deteksi lebih dini, bunda dapat menggunakan test pack pendeteksi kehamilan yang dapat diperoleh diapotik terdekat.

Baca juga: Tips agar ayah bunda lebih dekat dengan si kecil

Tanda-tanda awal kehamilan

Perubahan fisik akibat kehamilan dapat berbeda antara satu wanita dengan yang lainya. Berikut adalah beberapa cici-ciri hamil muda yang mungkin dialami bunda:

1. Merasa geli di area puting. Sebagian wanita merasakan sedikit kesemutan atau geli di area puting saat hamil muda. Kadar hormon kehamilan yang melonjak, salah satunya, menyebabkan peningkatan aliran darah ke payudara, dan ini sering kali menimbulkan sensasi geli atau sedikit kesemutan. Umumnya tanda kehamilan ini mulai muncul kurang lebih sepekan setelah proses pembuahan.

2. Merasa mual. Ini tanda yang paling sering dialami oleh mereka yang hamil. Lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami gejala-gejala mual, perut tidak enak, bahkan muntah. Ciri-ciri orang hamil ini biasanya mulai tampak saat kandungan menginjak 4-6 minggu. Kondisi ini umum dikenal dengan istilah morning sick, meski gejalanya bisa muncul kapan saja.

Baca juga: Pola makan si kecil yang lagi diare

3. Muncul flek dan keram perut. Flek yang berwarna pink muda atau coklat dari daerah kewanitaan adalah salah satu tanda awal kehamilan. Para ahli belum begitu yakin dengan penyebab munculnya flek tersebut, namun biasanya tanda ini muncul saat memasuki waktu datang bulan. Munculnya keram perut yang menyertai flek juga sering kali dihubungkan dengan gejala hamil muda.

4. Payudara lebih lembut. Saat usia kehamilan menginjak 6 minggu, umumnya payudara ibu hamil terasa lebih lembut dan sebagian lagi mengalami pembesaran dengan pembuluh darah berwarna biru yang cukup jelas terlihat. Kondisi ini kurang lebih mirip saat para ibu mengalami siklus menstruasi.

5. Sering buang air kecil. Ciri-ciri hamil muda lainya adalah sering buang air kecil, umumnya dimulai saat kandungan menginjak usia 6 minggu. Para ahli menduga kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan hormon kehamilan dalam tubuh bunda. Gejala ini sering kali disalah artikan dengan infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing secara khusus ditandai dengan rasa sakit saat pipis, sedangkan tanda kehamilan tidak.

Baca juga: Cara memijat bayi yang benar

6. Telat datang bulan. Jika siklus menstruasi bunda teratur seriap bulanya, telat datang bulan bisa merupakan ciri awal kehamilan, namun jika sebelumnya siklus mestruasi cenderung tidak teratur, bunda tidak bisa menggunakan tanda ini untuk mendeteksi kehamilan. Dalam hal ini, payudara yang mengeras, munculnya rasa mual, dan sering buang air kecil adalah tanda yang cukup menyakinkan sebagai ciri-ciri hamil muda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru