09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Bunda wajib tau: Fakta penting seputar susu formula

KategoriBayi
Di lihat4202 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips memilih susu formula bayi

Para ahli sepakat bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi si kecil. Namun, kadangkala si kecil tidak bisa memperoleh ASI karena berbagai sebab. Berita baiknya, saat ini susu formula yang tersedia di pasaran memiliki kualitas yang lebih baik daripada susu formula yang ada pada 3 hingga 4 dekade yang lalu.

Baca juga: Tips menghilangkan ketombe pada anak

Susu formula untuk bayi dibuat dengan meniru kandungan nutrisi pada ASI, dibuat dari susu sapi, namun mengandung asam lemak, vitamin, dan enzim-enzim tertentu yang dibutuhkan bayi pada bulan-bulan awal setelah kelahiranya. Susu sapi asli tidak mengandung kebaikan-kebaikan tersebut sehingga tidak cocok dikonsumsi sebagai pengganti ASI, itulah sebabya susu jenis ini hanya boleh dikonsumsi oleh bayi diatas satu tahun.

Susu formula dari kedelai

Bila si kecil memiliki intoleransi terhadap susu sapi atau bila keluarga ayah dan ibu menganut vegetarian, susu formula berbahan dasar kedelai bisa menjadi pilihan. Namun lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter, untuk memperoleh saran ahli. Konsumsi susu formula berbahan dasar kedelai dalam jumlah tinggi pada bayi berusia di bawah 6 bulan dapat menimbulkan resiko gangguan pada sistem neuro-endokrin dan sistem imun bayi.

Semua susu formula dibuat dalam bentuk bubuk, ayah bunda tinggal melarutkannya dengan air mendidih yang sudah diturunkan suhunya. Yang perlu diingat, selalu gunakan peralatan yang sudah disterilisasi untuk menyiapkan susu formula. Hal ini untuk memastikan susu yang disajikan pada si kecil bebas dari bakteri yang merugikan.

Baca juga: Benarkah anak laki-laki rentan autisme?

Susu untuk bayi diatas 6 bulan

Pada saat bayi berusia 0 hingga 6 bulan, ASI adalah makanan terbaik baginya. Bagi bayi di atas 6 bulan saat ia sudah mulai mengkonsumsi makanan semi padat, kebutuhan nutrisinya akan berkembang. Akan tetapi, susu tetap memainkan peranan penting.

1. ASI untuk bayi di atas 6 bulan. ASI tetap merupakan makanan yang terbaik bagi si kecil hingga ia berusia 1 tahun. Tetaplah berikan ASI bila mungkin. Susu formula dapat diberikan sebagai pelengkap terutama jika jumlah ASI yang dihasilkan bunda sedikit.

2. Memberikan follow-on formula. Follow on formula adalah susu khusus untuk bayi berusia minimal 6 bulan. Kandungan nutrisinya sama seperti susu kasein, namun dalam jumlah yang lebih besar. Karenanya, bayi harus berusia 6 bulan sebelum mengkonsumsi follow-on formula, ketika pencernaannya sudah bisa mencerna susu jenis ini. Bila kita ingin beralih dari ASI, bunda dapat mencoba susu jenis ini.

Baca juga: Waspada dampak negatif smartphone bagi si kecil

3. Bayi berusia 6 bulan ke atas memiliki kebutuhan zat besi yang semakin tinggi. Idealnya, zat besi di dapatkan bayi dari makanan padat. Akan tetapi, zat besi yang terkandung dalam follow-on formula dapat memenuhi semua kebutuhan si kecil.

4. Memberikan sedikit susu sapi. Tidak masalah memberikan sedikit susu sapi pada bayi dengan mencampurnya dalam sereal khusus bayi. Namun, tunggu hingga si kecil berusia 12 bulan sebelum menggantikan ASI atau susu formula dengan susu sapi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru