09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara alami mencegah dan menyembuhkan eksim pada bayi

KategoriBayi
Di lihat4001 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara alami mengatasi dan mencegah serangan eksim pada bayi

Eksim adalah gangguan kulit yang umum terjadi sejak bayi berusia 2 atau 3 bulan. Eksim ditandai dengan kulit yang kering dan berbercak kemerahan biasanya di daerah wajah, belakang telinga, kulit kepala, siku, atau belakang lutut. Eksim memang tidak berbahaya, namun sangat mengganggu karena menimbulkan rasa gatal.

Eksim biasanya adalah kecenderungan yang diturunkan dari orang tua. Namun apabila eksim yang terjadi bukan disebabkan faktor genetik, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Baca juga: Cara sehat memasak sayur dan buah

Mencegah eksim secara alami

1. Jangan memandikan bayi lebih dari 3 kali seminggu supaya tidak membuat kulitnya kering. Selama kita sering mengganti popoknya, kebersihan tubuh bayi akan tetap terjaga. Bila tiba saatnya memandikan si kecil, gunakan air hangat kuku dan mandikan ia sebentar saja.

2. Oleskan lotion bayi hypoallergenic yang lembut setiap selesai mandi. Oleskan lotion tersebut beberapa kali sehari, bahkan pada hari-hari saat si kecil tidak dimandikan.

3. Gunakan pelembab ruangan pada kamar bayi. Akan tetapi, jangan lupa membersihkannya secara teratur supaya tidak menjadi sarang bakteri.

4. Cucilah pakaian dan peralatan tidur bayi dengan detergen untuk kulit sensitif. Setelah dicuci, pastikan benda-benda tersebut dibilas bersih supaya tidak ada sisa detergen yang tertinggal.

5. Hati-hati dengan makanan yang bisa menyebabkan alergi, seperti jeruk, susu sapi, putih telur, coklat, dan kacang. Hindari makanan-makanan tersebut selama masa menyusui.

Baca juga: Cara membuat buah-buahan kering untuk si kecil

6. Keringkan air liur bayi yang membasahi bibir, dagu, atau leher. Kondisi basah yang berlebihan dapat memicu eksim.

7. Pilih pakaian bayi yang terbuat dari bahan yang lembut, seperti katun. Hindari bahan pakaian yang kasar, misalnya wool.

8. Juhkan bayi yang menderita eksim dari hewan peliharaan, karena air liurnya juga bisa memperparah eksim.

9. Bila masih timbul eksim, jaga supaya kuku bayi tetap pendek atau pakaikan sarung tangan supaya kulitnya tidak tergaruk ketika timbul rasa gatal. Menggaruk dapat memicu penyebaran eksim.

Penyembuhan eksim secara alami

1. Beri waktu bagi bayi untuk berjemur di luar rumah pada pagi hari sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 16.00. Jangan membiarkan bayi terpapar sinar matahari di luar waktu-waktu tersebut karena bisa membuat kulit bayi terbakar.

2. Kompres bagian kulit yang terkena eksim denagn kain atau kasa yang dibasahi air dingin selama lima menit atau lebih setiap harinya.

3. Taburkan sedikit baking soda, oatmeal mentah, atau oatmeal koloid (dibuat khusus untuk mandi) ke dalam air mandi si kecil. Bahan-bahan tersebut merupakan obat eksim yang efektif.

Baca juga: Manfaat sehat buah jeruk bagi anak

4. Dengan petunjuk dokter, oleskan lotion bayi yang mengandung chamomile, calendula, atau ekstra air.

5. Pakaikan pakaian yang berlapis pada bayi aupaya bunda bisa melepasnya selapis bila si kecil merasa gerah. Keringat dapat memicu menyebarnya eksim.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru