09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara alami mengatasi konstipasi pada wanita hamil

KategoriKehamilan
Di lihat755 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa yang menyebabkan susah bab selama hamil dan bagaimana mengatasi konstipasi secara alami, berikut info lanjutnya

Konstipasi atau susah buang air besar merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami wanita hamil. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron (salah satu hormon kehamilan) yang membuat otot usus lebih rileks dan memperlambat gerakan usus.

Gangguan konstipasi bisa menjadi lebih parah pada wanita hamil yang memang memiliki kecenderungan susah buang air besar, bila sedang mengalami morning sickness sehingga tidak bisa makan dengan normal, atau ketika sedang mengalami Irritable Bowel Syndrome (IBS). Pada Irritable Bowel Syndrome (IBS) gejala yang sering muncul adalah konstipasi atau diare.

Baca juga: Tips mengatasi ketakutan berlebih si kecil

Faktor pemicu lain dari konstipasi saat hamil

Selain faktor-faktor tersebut, konstipasi bila dipicu faktor luar seperti konsumsi suplemen zat besi tertentu atau bila kita kurang olahraga karena kurang olahraga bisa menyebabkan kerja sisitem pencernaan lebih lambat. Untuk mencegah konstipasi, sebaiknya minum suplemen zat besi setelah makan, bukan sebelumnya.

Bisakah kita mencegah konstipasi pada ibu hamil?

Ya, konstipasi pada ibu hamil bisa dicegah. Sangat penting untuk mencegah atau menangani konstipasi sejak awal terjadinya karena ia menimbulkan ketidaknyamanan bahkan bisa menyebabkan dan memperparah ambeien (wasir). Di bawah ini adalah beberapa cara untuk melakukannya.

Baca juga: 4 Penyebab si kecil susah makan

1. Konsumsi lebih banyak sayur, buah, dan gandum utuh karena makanan-makanan tersebut menyediakan serat yang dibutuhkan percernaan untuk bekerja dengan baik. Imbangi konsumsi serat dengan minum cukup air, paling tidak 2 liter setiap harinya. Hindari pula minuman yang bersifat diuretik, misalnya kopi, teh, softdrink, atau minuman beralkohol. Minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan produksi urin.

2. Beberapa orang mengkonsumsi dedak untuk mengatasi konstipasi. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dan diimbangi dengan banyak minum air. Mengkonsumsim dedak tanpa menyeimbangkan asupan air bisa membuat feses semakin keras sehingga lebih sulit untuk dikeluarkan. Hal ini malah akan membuat konstipasi semakin parah. Terlalu banyak mengkonsumsi dedak juga bisa membuat tubuh sulit menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

3. Konstipasi juga bisa dicegah dengan rutin berolaharaga. Olahraga rutin membuat sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik dan mampu merawat kesehatan bunda secara umum. Pilih olahraga yang ringan dan cocok untuk wanita hamil, atau ambillah kelas khusus ibu hamil. Beberapa posisi yoga juga terkenal mampu mencegah konstipasi pada wanita hamil.

4. Terkadang suplemen zat besi bisa menyebabkan konstipasi. Bila hal ini terjadi, konsultasikan dengan dokter untuk mengganti suplemen yang bunda asup. Bila konstipasi berlangsung terus, dokter bisa meresepkan obat-obatan laxative untuk memperlancar buang air besar.

Baca juga: 3 Langkah menumbuhkan balita cerdas

5. Bila saatnya buang air besar, duduklah pada toilet, tetap rileks, dan bernafaslah dalam-dalam sebelum memulainya untuk membuat dasar panggung lebih rileks. Bila mengalami kesulitan untuk buang air besar, bangkit sedikit dari toilet bisa membantu. Tekuk lutut dengan santai dan gunakan penyangga kaki karena hal ini bisa membantu merilekskan dasar panggul ketika sedang duduk di toilet.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru