09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara alami redakan berbagai gangguan selama kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat1098 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips redakan gangguan kehamilan morning sickness, wasir, dan sakit kepala secara alami

Rasa mual, sakit kepala, dan hemoroid (wasir) adalah hal yang sangat mengganggu pada masa kehamilan. Jangan biarkan gangguan-gangguan kesehatan tersebut merusak kegembiraan bunda dalam menanti hadirnya si buah hati. Resep-resep alami berikut telah membantu banyak wanita untuk mengatasi gangguan-gangguan pada masa kehamilan dan mungkin akan membantu bunda juga.

Baca juga: Bolehkan bayi diberi sosis?

Resep alami atasi morning sickness

1. Konsumsi makanan yang lembut dan mudah dicerna. Makanan kaya protein juga terkenal bisa mengurangi rasa mual selama kehamilan, misalnya segelas susu hangat, yogurth, keju, dan sebagainya. Coba juga makanan-makanan lain yang terkenal sebagai penangkal rasa mual akibat morning sickness, seperti permen asam atau permen peppermint, segelas air es, dan teh jahe.

2. Cobalah terapi accupressure untuk mengurangi rasa mual. Namun, bunda perlu memastikan bahwa terapis yang menangani terapi bunda memiliki sertifikat training terapi accupressure khusus ibu hamil. Hal ini penting, karena tekanan pada beberapa titik (terutama di telapak kaki) bisa menyebabkan kontraksi uterus bahkan merangsang persalinan.

3. Terapi akupuntur oleh terapis terlatih dan bersertifikat juga bisa membantu mengurangi rasa mual selama kehamilan.

Meredakan sakit kepala selama kehamilan

Sakit kepala selama kehamilan bisa disebabkan oleh fluktuasi kadar gula darah, perubahan hormonal, atau kelelahan. Beberapa tips berikut bisa membantu mengurangi sakit kepala pada saat kehamilan.

1. Kontrol gula darah bunda dengan cara memakan seporsi kecil makanan selama beberapa kali dalam sehari, bukan makan besar selama 3 kali saja.

Baca juga: Hati-hati, ini adalah penyebab sembelit pada bayi!

2. Olah raga ringan yang dilakukan secara teratur juga bisa memperlancar peredaran darah, mengurangi stres, dan mengurangi sakit kepala.

3. Usahakan bunda cukup istirahat. Kurang istirahat bisa membuat sakit kepala menjadi-jadi.

4. Pijatan pada bagian bahu dan leher bunda bisa mengurangi sakit kepala. Coba juga kompres hangat dan dingin pada bagian-bagian tersebut.

Tips mengatasi hemoroid (wasir) pada saat hamil

Hemoroid atau wasir adalah gejala yang umum terjadi pada wanita hamil, terutama pada trimester ketiga. Pada masa ini, janin yang sudah semakin besar membuat pembuluh darah pada area perut, pinggul, anus, dan poros usus tertekan sehingga peredaran darah pada daerah tersebut menjadi kurang lancar. Wanita hamil juga rawan mengalami sembelit akibat kinerja sistem pencernaan yang melambat sehingga menyebabkan hemoroid. Berikut adalah beberapa tips mengatasi hemoroid.

1. Jaga asupan serat bunda. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayuran segar, jus prune, biji chia, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

2. Rendam bagian yang terkena ambeien dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit beberapa kali dalam sehari. Untuk merendam, bunda bisa menggunakan bak mandi atau sitz bath yang diisi air hangat tanpa campuran lain.

Baca juga: 7 Tips seputar pijat bayi

3. Perbanyak minum air putih, Konsumsi juga yogurth atau susu fermentasi yang terkenal dapat memperlancar pencernaan.

4. Olesi bagian yang sakit dengan baking soda yang dicampur air. Resep alami ini dapat membantu meredakan wasir saat hamil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru