09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara efektif melatih kekuatan otot leher bayi

KategoriBayi
Di lihat2248 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah cara efektif melatih kekuatan leher bayi

Tahukah bunda, posisi tidur bayi terlentang di atas punggungnya dapat menurunkan resiko terjadinya Suddent Infant Death Syndrome (SIDS)? SIDS atau sindrom kematian mendadak pada bayi adalah suatu kondisi dimana seorang bayi yang tampak sehat namun kemudian meninggal secara tiba-tiba dengan penyebab tak dapat dijelaskan. Di Australia, terdapat suatu gerakan yang secara aktif mengkampanyekan gerakan pencegahan terjadinya SIDS. Salah satu kampanye mereka adalah untuk menidurkan bayi pada posisi terlentang. Ini terbukti secara ilmiah mampu mengurangi angka kematian bayi akibat SIDS di Australia hingga 80%.

Baca juga: 3 Penyakit aneh yang dapat menyerang balita

Namun, posisi tidur terlentang ternyata memiliki dampak negatif. Penurunan angka kematian bayi tersebut diikuti dengan meningkatnya angka kejadian deformational plagiocephaly dan positional torticollis. Deformational plagiocephaly  adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kepala bayi yang berbentuk datar atau tidak sempurna. Sedangkan positional torticollis adalah suatu keadaan lemahnya otot leher bayi yang menyebabkan lehernya terpelintir. Dengan beberapa panduan sederhana di bawah ini ayah dan bunda bisa menerapkan posisi tidur terlentang yang bermanfaat bagi si kecil tanpa menimbulkan efek samping tersebut.

Tips melatih kekuatan otot leher si kecil

1. Variasikan posisi kepala si kecil ketika tidur terlentang

Ubahlah posisi kepala bayi tiap kali ia tidur. Pada suatu waktu posisikan kepala si kecil dengan wajah menghadap lurus ke kanan. Pada waktu yang lain posisikan kepalanya dengan wajah menghadap lurus ke kiri.

Baca juga: Manfaat ajaib buah alpukat bagi sikecil

2. Latih bayi untuk tengkurap lebih awal

Membiarkan bayi dalam posisi tengkurap (dalam pengawasan langsung ayah bunda) sangat penting untuk membantu kemampuan motorik bayi. Melatih bayi untuk tidur tengkurap bisa dilakukan bahkan ketika ia baru lahir. Caranya, gendong bayi dan posisikan tengkurap di dada bunda saat bunda tidur di atas ranjang atau kursi. Posisi ini akan mendukung kontak mata bunda dengan si kecil dan merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan emosional dengan si kecil. Selain bunda, tehnik tersebut juga dapat dilakukan oleh para ayah.

3. Gunakan gulungan handuk untuk mengganjal tubuh bayi

Untuk mendukung bayi pada posisi tengkurap, letakkan gulungan handuk atau selimut tipis di bawah dada bayi. Posisikan tangan bayi melewati gulungan sehingga lengannya lurus dengan pundak. Pada posisi ini, sesuaikan posisi bunda dengan wajah bayi kemudian ajak ia bicara, menyanyi, atau bacakan cerita.

Baca juga: Tips traveling mudah bersama si kecil

4. Variasikan cara menggendong si kecil

Untuk melatih kekuatan leher si kecil, cobalah berbagai posisi ketika menggendong dan memangku bayi. Hal ini dapat mengaktifkan otot bayi untuk merespon gaya gravitasi. Latihlah si kecil untuk melihat ke kanan dan ke kiri dengan cara menunjuk benda-benda atau suara yang menarik di kanan dan kirinya.

5. Hubungi terapis fisiologi

Si kecil seharusnya memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai posisi dan gerakan selama ia terjaga. Jika diperlukan, hubungi terapis fisiologi di rumah sakit untuk memberi masukan kepada ayah dan bunda mengenai postur dan gerakan yang bisa dicoba si kecil di rumah.

Kapan harus menghubungi dokter?

Sekitar 25% dari jumlah bayi yang mengalami plagiocephaly dan torticollis memiliki masalah perkembangan yang mendasar. Sangat penting untuk memeriksakan si kecil secara rutin ke dokter anak terutama saat ayah bunda mendeteksi adanya kelainan pada kondisi kesehatan dan perkembangan si kecil.

Img source: https://jennybishopphotography.wordpress.com

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru