09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara membuat cat lukis yang aman dipakai balita ayah bunda

KategoriParenting
Di lihat1165 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Membuat cat warna sendiri untuk melukis dengan tangan

Si kecil yang berusia dua tahun keatas sudah mempunyai kemampuan memegang pensil atau krayon. Dengan kemampuan koordinasi otak, mata dan gerakan tanganya, dia bisa mencoret-coret atau menulis cakar ayam menggunakan alat tulis tersebut. Pada tahap ini si buah hati juga sudah mengenal beberapa jenis warna.

Mendekati usia tiga tahun si kecil sudah bisa dikenalkan dengan aktivitas melukis menggunakan cat dan telapak tangan mereka. Berikan media kertas yang cukup lebar sebagai tempat berekspresi danĀ  gunakan cat yang aman untuk anak-anak. Aktivitas melukis direkomendasikan oleh para ahli tumbuh kembang anak karena selain dapat mempertajam skil koordinasi gerakan tangan, mata, dan otak, aktivitas ini juga dapat melatih daya imajinasi, kreatifitas, komunikasi, pengenalan bentuk, warna dan tekstur media.

Sediakan tempat khusus misalnya di halaman belakang atau di samping rumah. Jika memungkinkan siapkan sebuah papan yang cukup lebar dan dilapisi kertas gambar. Agar cat tidak mengotori lantai, alasi sekitar papan gambar dengan kertas koran.

Membuat cat warna sendiri untuk melukis dengan tangan

Untuk membuat cat warna yang aman digunakan si kecil, larutkan 225 gr tepung maizena dengan sedikit air dingin dalam sebuah panci.Tambahkan air mendidih sebanyak 900 ml. Nyalakan kompor dan panaskan panci sampai campuran mendidih.

Kedalam campuran maizena, tambahkan 40 gr potongan sabun padat warna putih atau bedak tabur.kemudian aduk sampai semuanya tercampur. Matikan kompor dan bagi campuran tadi kedalam tempat-tempat kecil sejumlah warna yang akan dibuat, biarkan dingin di udara terbuka.

Gunakan pewarna makanan untuk memberikan warna pada bagian-bagian campuran yang sudah dingin tadi. Aduk sampai warnanya tercampur sempurna. Ayah bunda dapat menggunakan pewarna berbentuk serbuk, cair, atau pasta. Untuk menghasilkan warna-warna sekunder, ayah bunda dapat mencampurkan warna-warna primer.

Melukis dengan tangan

Belajar melukis menggunakan tangan pada kertas dengan berbagai testur akan meelatih kemampuan visual, fisik, imajinasi, dan daya sentuh si kecil. Biarkan dia bereksplorasi dengan tangan dan cat yang sebelumnya telah dibuat ayah bunda. Jangan takut kotor, gunakan pakaian tahan kotor atau baju bekas agar tidak sayang jika terkena noda.

Meski cat yang digunakan relatif aman, tetap aktivitas melukis si kecil perlu didampingi atau diawasi ayah bunda. Ikut terlibat dalam aktivitas mereka akan berdampak pada kekuatan ikatan emosi antara bunda dan balita. Jaga agar bagian cat tidak masuk kedalam mulut atau tidak terkena selaput mata. Cuci dengan air yang banyak jika bagian cat kontak dengan mata si kecil.

Melukis dengan kaki

Tida ada aturan baku dalam aktvitas melukis dengan kaki, bentangkan kertas kosong diatas lantai yang sebelumnya telah dilapisi kertas koran atau plastik. Tuangkan beberapa cat warna di permukaan kertas tersebut dan biarkan si kecil berjalan diatas nya untuk menghasilkan beragam pola gambar. Pastikan ayah bunda memegang tangan si kecil untuk menghindari si kecil terpeleset.

Selain menggunakan tangan dan kaki, aktivitas melukis dapat dilakukan pula dengan menggunakan pola tertentu yang sudah ayah bunda buat sebelumnya. Buat pola bunga atau buah menggunakan kertas karton tebal. Gunakan pola tersebut untuk mencetak gambar di kertas yang telah disediakan dengan berbagai warna.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru