09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara mencegah gangguan gigi dan mulut saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat338 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips merawat kondisi mulut dan gigi selama masa kehamilan

Kondisi hormonal, morning sickness, dan mengidam makanan manis membuat bunda yang sedang hamil berpotensi mengalami gangguan gigi dan mulut. Karenanya, bunda perlu memberi perhatian lebih pada kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan.

Ngidam makanan dan kesehatan gigi

Memakan makanan yang manis dan bersifat lengket selama mengidam berpotensi menyebabkan kerusakan gigi, terutama bila bunda memakannya terus. Pasalnya, tiap kali bunda makan makanan manis, keasaman dalam mulut meningkat dan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Ketika mengidam, konsumsilah camilan manis yang menyehatkan, seperti buah dan yogurth. Usahakan untuk memakannya mendekati waktu makan, supaya gigi tidak terserang asam sepanjang hari. Setelah makan, jangan lupa untuk berkumur dan menyikat gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan manis dari mulut.

Baca juga: Tips meredakan sakit saat menyusui

Kerusakan gigi karena morning sickness

Morning sickness adalah tanda kehamilan paling umum setelah terlambatnya haid. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, morning sickness dapat menyebabkan kerusakan gigi karena makanan yang dimuntahkan mengandung asam lambung yang kuat dan dapat mengikis gigi. Asam dapat melarutkan mineral pada email gigi sehingga ia menjadi lebih lemah dan mudah terkikis.

Namun, tunggulah selama kurang lebih satu jam setelah muntah sebelum bunda menggosok gigi. Sebab, menggosok gigi langsung setelah muntah malah dapat semakin merusak email gigi yang lemah. Lebih baik, berkumurlah banyak-banyak langsung setelah muntah untuk melarutkan asam yang tertinggal di gigi dan mulut.

Gangguan gusi selama kehamilan

Perubahan hormonal selama kehamilan, bisa menyebabkan berubahnya reaksi gusi terhadap bakteri di mulut. Hal ini bisa menyebabkan kemerahan, inflamasi, bengkak     , dan gigi berdarah ketika menggosong gigi atau mengunakan dental floss. Itu semua adalah gejala gangguan gusi atau gingivitis.

Baca juga: Cara meredakan pening saat hamil

Bila dibiarkan, gingivitis bisa menjadi gangguan gusi yang lebih parah, yang disebut periodontitis. Peradangan pada gigi akan menyebar lebih dalam ke tulang yang mendukung gigi. Akibatnya, gusi mulai menyusut dari gigi dan menyebabkan gigi longgar. Untuk merawat kesehatan gusi selama kehamilan, ingatlah selalu untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Untuk menyikat gigi, gunakan pasta gigi berfluoride. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis dan selalu terapkan pola makan sehat.

Perawatan gigi saat hamil

Bila bunda merencanakan kehamilan, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi terlebih dahulu. Selama masa kehamilan, tetaplah pergi ke dokter gigi secara teratur, dan jangan lupa memberitahu dokter bahwa bunda sedang hamil. Sangatlah baik untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi pada trimester kedua dan ketiga pada masa kehamilan ketika gejala morning sickness  mulai berkurang.

Baca juga: Manfaat asam folat bagi ibu hamil

Jangan khawatir, sebagian besar perawatan gigi adalah aman selama masa kehamilan, termasuk sinar-X dan anestesi lokal. Bila diperlukan, dokter akan menggunakan sinar-X dengan radiasi rendah yang sangat aman bagi bunda dan si kecil. Untuk lebih amannya, selama penyinaran bunda bisa menggunakan kain untuk melindungi bagian perut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru