09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara mencegah kelebihan berat badan pada anak bayi

KategoriBayi
Di lihat1299 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara agar berat badan bayi berada di angka ideal

Menilai kesehatan bayi dari ukuran tubuh yang nampak tidaklah efektif karena setiap bayi memiliki berat tubuh dan tingkat perkembangan yang berbeda-beda. Lebih baik bunda berkonsultasi secara langsung dengan dokter anak bila bunda khawatir si kecil memiliki berat badan yang berlebih.

Biasanya dokter akan menggambarkan pertumbuhan bayi dalam suatu grafik yang menggambarkan berat badan dan tinggi badan bayi, lingkar kepala, serta index massa tubuh (Body Mass Index / BMI ). Dengan grafik tersebut para ayah bunda dapat mengamati perkembangan si kecil dan mengetahui perbandingannya dengan bayi lain dengan usia dan jenis kelamin yang sama. Dari data data tersebut bunda dapat menyimpulkan apakah berat badan si kecil masih dikisaran normal atau tidak.

Baca juga: Kenapa bunda harus membatasi jam nonton si kecil?

Grafik pertumbuhan si kecil

Dalam menggunakan grafik tersebut, perhatikan kecenderungan perkembangan bayi,  bukan detail yang akan berubah setiap waktu. Yang terpenting, perkembangan si kecil cenderung stabil, tidak meningkat atau menurun drastis secara tiba-tiba. Dokter akan memantau setiap perubahan yang berarti pada perkembangan si kecil.

Ingat juga, sangatlah penting bagi si kecil untuk mendapatkan cukup asupan lemak. Bagi bayi, lemak berperan dalam pertumbuhan sel, termasuk sel otak. Lemak juga berperan dalam penyerapan beberapa jenis vitamin, menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit, dan organ-organ penting seperti hati dan ginjal. Namun, kelebihan kalori dan lemak juga bisa merugikan karena bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan pada bayi dapat menyebabkan tertundanya proses merangkak dan berjalan yang penting bagi perkembangan fisik dan mental si kecil.

Tips seputar menjaga berat badan ideal bayi bunda

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga agar bayi tidak mengalami kelebihan berat badan, diantaranya:

1. Jaga peningkatan berat badan bayi selama kehamilan. Peningkatan berat badan yang berlebihan selama kehamilan bisa meningkatkan berat lahir bayi. Bayi yang berat lahirnya terlalu tinggi memiliki kecenderungan mengalami obesitas pada masa kanak-kanak.

Baca juga: 9 Cara melatih kecerdasan dan skil motorik anak

2. Berikan ASI eksklusif. Beberapa penelitina membuktikan bahwa bayi yang di beri ASI merespon rasa lapar dengan lebih baik dan berhenti makan ketika sudah kenyang. Bayi yang sudah diberi susu formula pada awal masa hidupnya memiliki kecenderungan untuk minum susu lebih banyak daripada yang diberi ASI eksklusif pada masa-masa selanjutnya.

3. Kurangi pemberian jus buah. Jus buah, terutama jus dalam kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi. Hindari memberikan jus pada bayi sebelum usia 6 bulan, kecuali bila bayi mengalami konstipasi sehingga membutuhkan asupan serat, itupun sebaiknya si buah hati diberikan jus buah alami tanpa gula buatan bunda. Bila bunda memberikan jus setelah usia 6 bulan, batasi hanya 4 ons (118 ml) setiap harinya dan sajikan di gelas, bukan botol.

4. Gunakan variasi cara untuk menenangkan bayi. Ketika si kecil rewel, jangan selalu memberikan ASI atau susu formula untuk menenangkannya. Ganti dengan cara lain, misalnya memindahkannya ke lingkungan yang lebih tenang, membelai atau menepuk-nepuk tubuhnya dengan lembut, atau alihkan perhatiannya dengan mainan yang menarik.

Baca juga: Waspada dengan 6 zat aditif berikut ini!

5. Berkonsultasi dengan dokter. Seiring si kecil beranjak besar, berkonsultasilah dengan dokter mengenai berat badan dan asupan nutrisinya. Bila perlu hubungi ahli gizi untuk memperoleh saran-saran tambahan berkaitan dengan menjaga berat badan si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru