09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara menenangkan bayi yang gampang menangis

KategoriBayi
Di lihat5045 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara menenangkan bayi yang gampang menangis

Ayah bunda pasti mendambakan bayi yang lucu, sehat, dan jarang menangis. Akan tetapi, pada kenyataannya bayi biasanya menangis kapan pun mereka mau. Mereka dapat menangis karena banyak hal, misalnya saat mereka lapar, ketika popoknya sudah penuh, karena lelah, digigit nyamuk, dan sebagainya. Badi si mungil, menangis adalah cara mereka berkomunikasi dan menyampaikan kebutuhannya.

Sebagian bayi cenderung lebih mudah menangis dibanding yang lainya, mereka sering menangis karena memang memiliki sensitifitas yang lebih dibanding bayi lain, dan menurut para ahli ini merupakan kecenderungan sejak lahir. Bayi yang sensitif  bisa menangis karena mendengar suara yang bising, bila dileher pakaiannya terdapat label yang kasar, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tanda anak mengalami keterlambatan bicara

Cara paling efektif menenangkan bayi yang sensitif adalah dengan menghindarkannya dari hal-hal yang menyebabkannya merasa terganggu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga bayi mudah menangis agar tetap tenang.

Suara

Bila bayi ayah bunda sensitif terhadap gangguan suara, biasakan bicara dengannya secara perlahan dengan suara yang lembut. Pastikan lingkungan sekitar aman dari suara bising saat si mungil sedang terjaga. Matikan mainan bersuara keras dan turunkan volume (atau matikan) TV, radio, dan dering ponsel.

Cahaya

Bila si kecil sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan, pasang lampu yang redup di kamar. Hindari menyalakan TV di dekat si kecil dan pilihlah mainan yang tidak berwarna dan serta tidak memancarkan cahaya terang.

Baca juga: 6 Cara agar bayi tidur nyenyak

Sentuhan

Ada beberapa bayi yang sangat sensitif terhadap sentuhan. Untuk menenangkannya usahakan sering mengganti popoknya (jangan membiarkannya menggunakan popok yang penuh) dan kenakan pakaian yang nyaman, terbuat dari bahan yang lembut, tidak panas, dan tidak memiliki label, kancing, atau kerah yang kasar dan mengganggu.

Lapisi tempat tidur bayi dengan selimut pada saat bayi terjaga supaya permukaan tempat tidur tersebut tidak terlalu dingin ketika si kecil hendak tidur. Sesuaikan juga air yang digunakan untuk mandi pada suhu favorit si kecil. Bunda juga boleh meneteskan sedikit minyak lavender pada air mandi bayi karena aroma lavender memiliki efek menenangkan.

Baca juga: Tips agar anak tidak mabuk perjalanan

Stimulasi

Bayi yang peka terhadap stimulasi, bunda bisa menjaganya tetap tenang dengan menggendongnya dengan lembut dan menjauhkannya dari keramaian. Bila memungkinkan, pilihlah kamar tidur yang jauh dari keramaian dan orang yang lalu lalang untuk si kecil.

Bunda bisa menghubungi dokter untuk memperoleh saran yang mungkin dapat membantu. Akan tetapi, harap diingat bahwa sensitivitas bayi biasanya terjadi pada satu fase pertumbuhannya dan akan hilang ketika ia sudah terbiasa dengan kesibukan di lingkungan sekitarnya. Biasanya, bayi yang sensitif akan menjadi tenang ketika masa koliknya berakhir.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru