09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara mengatasi rambut rontok selama kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat346 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

bagaimana cara mengatasi rambut rontok saat hamil?

Sebagian wanita mengeluhkan masalah rambut rontok selama kehamilan. Hal ini sebenarnya bukan merupakan hal yang umum terjadi karena sebagian besar wanita justru mengalami hal sebaliknya. Perubahan hormon selama masa kehamilan biasanya justru membuat rambut semakin sehat dan lebat.

Penyebab rambut rontok saat hamil

Jadi, perlukah khawatir bila rambut rontok saat hamil? Rambut rontok selama kehamilan bisa disebabkan berbagai hal, jadi ia belum tentu berkaitan dengan masalah kesehatan tertentu. Produksi hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan memiliki pengaruh pada kulit dan rambut. Ia bisa menyebabkan rambut menjadi lebih kering selama kehamilan sehingga lebih mudah patah. Patahnya rambut di dekat akar rambut inilah yang mungkin disalah artikan sebagai rambut rontok meskipun sebenarnya bukan rambut rontok.

Baca juga: 7 Tips melatih ketajaman mata si kecil

Terkadang, rambut rontok berkaitan dengan gangguan kesehatan tertentu. Misalnya, terkadang ia dikaitkan dengan gangguan anemia (kekurangan zat besi), meskipun beberapa penelitian melemahkan pendapat ini. Pada beberapa kasus, rambut rontok juga dikaitkan dengan penyakit tertentu yang diderita ibu sebelum hamil, seperti lupus atau gangguan tiroid. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan mengenai masalah rambut rontok untuk mengetahui apakah ada gangguan kesehatan tertentu yang berkaitan dengan gejala tersebut.

Tips mengurangi rambut rontok selama kehamilan

Apapun sebabnya, rambut rontok selama kehamilan tentunya sangat mengganggu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerontokan rambut saat hamil.

1. Jangan menyisir rambut secara berlebihan. Ketika menyisir rambut, rambut tertarik sehingga lebih mudah patah atau rontok, serta gunakan sampo dan kondisioner yang lembut.

Baca juga: 7 Tips jitu mengajari si kecil membaca

2. Gunakan sisir plastik yang bergigi jarang untuk menyisir rambut. Lebih baik, sisirlah rambut ketika masih dalam keadaan basah.

3. Hindari mengikat rambut dengan kencang, apalagi dengan karet gelang. Lebih baik, gunakan ikat rambut berlapis kain. Hindari juga mengepang rambut atau menyanggul karena bisa membuat rambut mudah patah. Bila memungkinkan, jangan mengikat rambut terlalu sering dan biarkan rambut dalam keadaan tergerai.

4. Keringkan rambut benar-benar sebelum memakai kerudung. Memakai kerudung sebelum ia benar-benar kering bisa membuat rambut lebih lembab sehingga mudah rontok.

5. Jangan menggunakan pewarna rambut, mengeriting, atau meluruskan rambut karena bisa membuat rambut lebih kering dan rapuh.

Baca juga: Tips aman saat si kecil berada diluar rumah

6. Para ahli berpendapat bahwa banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi kerontokan rambut. Zat antioksidan dan flavonoid di dalamnya dapat melindungi folikel rambut sehingga rambut lebih kuat sekaligus dapat merangsang pertumbuhan rambut. Teori ini memang belum bisa dibuktikan secara pasti, namun tak ada salahnya dicoba. Sayuran dan buah-buahan sendiri merupakan makanan yang sehat dan baik bagi bunda dan janin sehingga sangatlah baik bagi kita untuk mengkonsumsinya.

Setelah si kecil lahir, mungkin membutuhkan beberapa waktu sebelum kondisi rambut kembali normal. Tetaplah hindari hal-hal yang bisa membuat rambut semakin rapuh dan mudah rontok sebagaimana disebutkan di atas. Dengan perawatan yang tepat dan sedikit kesabaran, rambut kita akan kembali sehat seperti kondisi sebelum kehamilan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru