09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara merawat kulit bayi yang terbakar sinar matahari

KategoriKesehatan
Di lihat1394 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

waspada dengan bahaya terbakar sinar matahari, berikut cara menangani kulit bayi yang terbakar sinar matahari

Kulit bayi sangat rentan terbakar sinar matahari karena ia masih begitu tipis dan sensitif. Luka bakar tersebut biasanya timbul karena kontak yang berlebihan antara kulit mereka dan sinar matahari yang sedang terik, saat mereka dibawa bepergian meski menggunakan mobil. Terbakarnya kulit si kecil akibat sinar matahari tidak hanya bisa terjadi saat cuaca panas, melainkan juga saat cuaca mendung bila sinar matahari dipantulkan oleh air atau tubuh manusia.

Baca juga: 3 Makanan penyebab gigi si kecil keropos

Gejala kulit terbakar sinar matahari

Kulit bayi yang terbakar sinar matahari biasanya menunjukkan gejala-gejala berikut:

  • Kemerahan
  • Panas bila disentuh, walaupun sudah didinginkan.
  • Bila luka bakar akibat sinar matahari cukup parah, mungkin timbul lepuhan dan bagian yang terbakar tampak bengkak.
  • Si kecil mungkin lemah atau pusing karena dehidrasi, bahkan bisa juga timbul demam.

Menangani kulit bayi yang terbakar sinar matahari

1. Basahi kain yang bersih dengan air dingin, kemudian letakkan di bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Lakukan ini beberapa kali sehari, masing-masing 10 hingga 15 menit. Akan tetapi, jangan melakukannya berlebihan karena bisa membuat bayi kedinginan.

2. Oleskan pelembab kulit bayi yang berbahan dasar air, gel aloe vera, atau lotion calamine pada daerah yang terbakar 2 kali sehari. Hal ini bisa menghindarkan bayi dari rasa gatal ketika luka bakar mengering dan mempercepat proses pemulihan kulit. Jangan menggunakan krim berbahan dasar minyak karena bisa menghalangi keluarnya panas dan malah memperburuk luka bakar.

Baca juga: Tips mengatasi ketombe pada anak balita

3. Bila luka cukup parah hingga muncul lepuhan yang berisi air, jangan memecahkan lepuhan tersebut karena bisa menyebabkan infeksi.

4. Sengatan sinar matahari bisa membuat si kecil dehidrasi, karenanya pastikan si kecil minum cukup air. Pada bayi berusia di bawah 6 bulan, ASI atau susu formula cukup untuk membuatnya tetap terhidrasi, tidak perlu memberikan air putih. Hindari memberikan si kecil air es karena bisa menyebabkannya kedinginan.

5. Hubungi dokter bila si kecil amat terganggu dengan luka bakarnya atau menderita demam. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk meredakan rasa sakit dan demamnya. Sebaiknya kita juga menghubungi dokter secepatnya bila luka bakar cukup parah hingga muncul lepuhan sebagai langkah antisipasi bila luka yang terjadi adalah luka bakar tingkat 2. Bila si kecil muntah atau kehilangan kesadaran karena sengatan sinar matahari, segera bawa ia ke dokter atau rumah sakit terdekat.

6. Luka bakar mungkin akan terkelupas dengan sendirinya setelah 10 hari. Hal ini sangat alami dan merupakan tanda luka sudah mulai sembuh. Kenakan pakaian berbahan katun yang tidak mengiritasi kulit pada bayi.

Perlukah khawatir bila kulit si kecil tersengat sinar matahari?

Kontak yang intens dengan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama merupakan penyebab kanker kulit yang paling umum. Sengatan sinar matahari di masa kanak-kanak disebut-sebut sebagai penyebab melanoma, yaitu sejenis kanker kulit yang sangat parah hingga mematikan. Karena itu, kita perlu sangat berhati-hati dan menghindarkan si kecil dari sengatan sinar matahari yang berlebihan.

Baca juga: Warna pipis si kecil dan penyebabnya

Biasakan untuk memakaikan pakaian berlengan panjang dan celana panjang kepada si kecil ketika ia keluar rumah. Selain itu, gunakan tabir surya yang direkomendasikan untuk anak-anak ketika akan keluar rumah dan ulangi mengoleskannya setiap 2 jam sekali. Lebih baik, hindari mengajak si kecil keluar rumah pada pukul 11.00 hingga 16.00 karena pada waktu tersebut cahaya matahari sedang sangat menyengat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru