09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara mudah meningkatkan asupan zat besi pada ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat2816 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

nutrisi kaya zat besi untuk ibu hamil

Zat besi merupakan salah satu komponen yang penting khususnya bagi bunda yang sedang hamil. Ibu hamil yang kekurangan zat besi bisa terkena anemia dan bila tidak segera ditangani dapat membuat bayinya lahir dengan level zat besi yang rendah, berat lahir rendah, bahkan dapat memicu kelahiran prematur. Untuk itu, wanita hamil disarankan meningkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi. Berikut adalah beberapa tips mudah meningkatkan asupan zat besi pada ibu hamil.

Baca juga: Susu formula sebagai suplemen ASI

Menu sehari-hari kaya zat besi bagi ibu hamil

1. Perbanyak sayuran berdaun hijau (seperti sawi, bayam, kangkung, dan sebagainya), ketumbar, dan daun mint.

2. Gunakan rempah-rempah seperti biji jintan, kunyit, dan daun salam untuk membuat masakan terasa lebih sedap.

3. Kedelai berikut produk olahannya adalah salah satu bahan makanan yang sehat dan kaya akan zat besi, serta mudah diolah menjadi beragam masakan yang lezat. Karenanya, perbanyak konsumsi tahu dan tempe atau campurkan ke dalam berbagai masakan sehari-hari.

4. Gunakan roti berbahan gandum utuh untuk membuat sandwich atau olah menjadi pudding roti yang lezat.

5. Gunakan asam jawa untuk menambah rasa pada masakan.

6. Salah satu sumber zat besi terbaik adalah daging sapi. Zat besi pada produk hewani lebih mudah diserap daripada yang berasal dari tumbuhan. Karenanya, perbanyak konsumsi jenis makanan ini.

Baca juga: 6 Tips agar produksi ASI tetap banyak

Camilan sehat kaya zat besi bagi ibu hamil

Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan asupan zat besi bagi ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi camilan-camilan sehat berikut ini:

  • Kacang-kacangan, seperti kacang mede, kacang tanah, atau pistachio
  • Kismis
  • Kurma
  • Biji labu yang dipanggang
  • Sereal yang diperkaya zat besi
  • Wijen

Vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi

Vitamin C mampu meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Hal ini penting terutama bila bunda menganut pola makan vegetarian karena zat besi dari makanan nabati lebih sulit diserap oleh tubuh dibanding yang berasal dari makanan hewani seperti daging.

Karena itu, padukan makanan yang kaya akan zat besi dengan makanan yang banyak mengandung vitamin C (misalnya jeruk, jeruk nipis, jambu merah, brokoli, tomat dan beri-berian), atau konsumsilah suplemen vitamin C. Bila level zat besi kita tetap rendah, dokter biasanya menganjurkan kita mengkonsumsi suplemen zat besi. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari suplemen tersebut, minumlah bersama jus jeruk yang kaya akan vitamin C.

Baca juga: 4 Kelebihan ASI dibanding  susu formula

Makanan yang menghambat penyerapan zat besi

Kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi. Karena itu, jangan mengkonsumsi suplemen zat besi bersama susu dan hindari minum susu segera setelah makan. Beri jarak waktu sekitar 3 atau 4 jam setelah makan untuk mengkonsumsi makanan kaya kalsium atau suplemen kalsium.

Kafein juga merupakan zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Karena itu, hindari mengkonsumsi minuman-minuman seperti teh, kopi, coklat, atau softdrink segera setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru