09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara mengasyikkan membaca bersama si kecil

KategoriBayi
Di lihat710 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips seputar membaca buku bersama bayi

Membaca dengan suara keras dari buku bergambar adalah salah satu cara paling mengasyikkan untuk menghabiskan waktu bersama si buah hati. Selain seru dilakukan, hal ini juga bagus untuk perkembangan kemampuan verbal bayi. Ketika ayah atau bunda membacakan cerita, si kecil menjadi semakin akrab dengan suara dan kata-kata yang membentuk suatu bahasa. Hal ini sangatlah penting bagi perkembangan bahasa si kecil di kemudian hari.

Baca juga: 5 Manfaat madu bagi si buah hati

Cara memulai kegiatan membaca

Cobalah untuk membiasakan kegiatan membaca dengan si kecil setidaknya sekali setiap hari. Carilah tempat yang tenang di rumah untuk melakukannya. Jangan lupa juga untuk mematikan radio dan televisi supaya tidak ada suara lain yang mengganggu. Jika memungkinkan, gendong bayi di atas pangkuan ayah atau bunda supaya ia bisa melihat buku yang sedang dibacakan sekaligus ekspresi ayah dan bunda ketika membaca. Melihat ekspresi wajah kita dan melihat bagaimana bibir dan lidah kita bergerak ketika membaca cerita bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi si bayi.

Membacakan cerita untuk bayi 4-6 bulan

Buku bergambar yang dgunakan bisa mengandung sedikit kata-kata atau tidak sama sekali. Buku dengan gambar-gambar yang besar dan berwarna-warni atau buku berisi foto-foto wajah dalam berbagai ekspresi cocok bagi bayi yang masih kecil.

Baca juga: 3 Jenis makanan pemicu gigi keropos

Gunakan telunjuk tangan untuk menunjukan gambar-gambar dan sebutkan nama-nama untuk benda dalam gambar tersebut. Hal ini dapat melatih dan menambah perbendaharaan kosakata si kecil. Ketika bayi sudah lebih besar dan akrab dengan buku-buku ini, bukalah halaman dalam buku dan tanyakan mengenai benda-benda di dalamnya, seperti, “Pohonnya mana?” atau “Mana kucingnya?”. Bila si kecil merespon dengan menunjuk benda-benda dalam gambar, berarti ia mulai mengenal kata-kata dan mengerti arti dari kata-kata tersebut.

Apa yang harus dibacakan bagi bayi usia 7-12 bulan

Semakin besar usia si kecil, semakin banyak buku yang bisa dibaca bersamanya. Buku-buku berisi kata-kata yang berima dan beritme mungkin adalah yang paling menarik. Selain itu, buku jenis ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengajarkan si kecil tentang bahasa.

Bebaskan diri anda untuk berekspresi dan bacakan dengan suara yang lucu untuk masing-masing karakter atau adegan, seperti hujan, balon meletus, dan sebagainya. Si kecil akan lebih tertarik untuk membaca bersama bila ayah bunda bisa membuatnya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Baca juga: 6 Aktivitas murah meriah agar si kecil bergembira

Membeli buku untuk dibaca bersama si kecil

Buku-buku yang kita baca bersama si kecil bisa kita dapatkan di perpustakaan sekitar. Bila kita ingin membeli buku sendiri, penting untuk diingat bahwa bayi suka merenggut, menarik, bahkan mengunyah benda-benda yang bisa dijangkaunya. Karena itu, buku-buku yang halamannya terbuat dari kardus tebal, kain, atau kertas yang dilengkapi plastik pelindung tahan air bisa menjadi pilihan ayah bunda.

Img source: http://memfox.com/for-parents/for-parents-books-for-babies-under-one-year-old/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru