09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara sederhana untuk megetahui apakan si kecil mengidap obesitas

KategoriKebugaran
Di lihat1851 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Kapan si kecil dikatakan mengalami obesitas?

Menurut situs Wikipedia, si kecil dikatakan mengalami obesitas jika memiliki kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sehingga dapat menimbulkan beragam gangguan kesehatan serta menurunkan harapan hidup. Identifikasi seorang balita apakah mengalami obesitas tidak bisa dilihat dari tampialan gemuknya saja. Seseorang dikatakan mengalami obesitas saat berat badanya diatas berat badan normal. Cara lain untuk menentukan obesitas adalah dengan mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT).

Kegemukan pada anak akan berpengaruh pada tiga aspek yaitu fisik, mental, dan ekonomi. Secara fisik atau kesehatan mereka yang mengalami obesitas beresiko tinggi terkena diabetes tipe 2, hipertensi, gangguan kesehatan pada organ pernafasan, gangguan pertumbuhan tulang, serta gangguan pada metabolisme tubuh.

Baca juga: 7 Cara bijak mendisiplinkan balita

Secara mental mereka yang mengalami obesitas biasanya mengalami kurang percaya diri dan stress berkelanjutan. Sedangkan secara ekonomi obesitas berkaitan dengan biaya yang harus dialokasikan untuk pemeriksaan, perawatan, dan pembelian bahan penunjang kesehatan.

Faktor resiko obesitas pada balita

Menurut situs medicine.com, ada beberapa hal yang merupakan faktor resiko obesitas pada anak balita, yaitu meliputi:

1. Faktor keturunan. Para ahli berpendapat bahwa faktor genetis atau keturunan adalah salah satu yang memperbesar resiko si kecil mengidap kegemukan berlebih ini. Mereka yang lahir dari keluarga dengan riwayat obesitas memiliki tingkat resiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang sama dibandingkan dengan yang lain.

2. Kurang gerak. Si kecil yang kurang berkatifitas secara fisik dan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan Televisi atau komputer apalagi disertai dengan ngemil memiliki resiko lebih tinggi terhadap obesitas.

Baca juga: 5 Gejala umum si kecil radang tenggorokan

3. Pola makan. Mereka yang terbiasa dengan makanan tinggi kalori seperti junk food, soft drink dan jenis makanan lainya memiliki resiko tinggi mengalami obesitas. Kandungan kalori yang tinggi dalam makanan atau minuman apalagi saat tidak disertai dengan olahraga dapat memicu penimbunan lemak pada tubuh.

4. Penyakit. Beberapa jenis penyakit tertentu seperti thyroid disease dan tumor otak, adalah beberapa kondisi kesehatan yang oleh para ahli dikaitkan dengan meningkatnya resiko terkena obesitas.

Kapan si kecil dikatakan mengalami obesitas?

Menurut Word Health Organization (WHO) obesitas termasuk pada anak balita dapat digolongkankedalam tiga kelompok tingkatan:

  • Obesitas ringan jika si kecil mengalami kelebihan berat badan 20-40% dari berat badan ideal
  • Obesitas sedang jika si kecil mengalami kelebihan berat badan 41-100% dari berat badan ideal
  • Obesitas berat jika si kecil mengalami kelebihan berat badan diatas 100% dari berat badan ideal

Adapun cara untuk mengetahui berat badan ideal si kecil, dapat menggunakan rumus sebagai berikut, Untuk anak dengan usia 1-10 tahun, berat badan ideal (BBI) dapat dihitung dengan rumus:

BBI = (2 x umur dalam tahun) + 8

Jadi misalnya si kecil yang berusia 3 tahun, maka berat badan idealnya ada di kisaran (2 x 3 tahun) + 8 = 14 kilogram, artinya bisa lebih atau kurang sedikit dari angka tersebut.

Baca juga: 5 Penyebab bau mulut pada balita

Lantas bagaimana jika usia si kecil 3 tahun 10 bulan? Caranya pertama jadikan usia si kecil = 3,10 kemudian kalikan dengan 2, hasilnya 6,20. Hasil tersebut jangan langsung ti tambah 8. Karena 6,20 itu diartikan enam tahun 20 bulan serta 20 bulan itu artinya 1 tahun 8 bulan, maka yang ditambah 8 adalah 6+1 tahun 8 bulan = 7,8 baru ditambah dengan 8 jadi: 7,8 + 8 = 15,8 kilogram dan inilah berat badan ideal si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru