09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Cara tepat membersihkan telinga bagian dalam si kecil

KategoriParenting
Di lihat3769 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Cara membersihkan kotoran telinga si kecil

Bolehkah kita menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga bagian dalam si kecil? Mungkin ayah bunda gemas melihat kotoran kuping si kecil yang mulai menumpuk, namun para ahli sangat-sangat tidak merekomendasikan bunda untuk mengeluarkan kototan telinga mereka menggunakan cotton bud atau menggunakan benda keras lainya.

Menggunakan cotton bud atau korek kuping untuk membersihkan telinga bagian dalam si kecil dapat mengakibatkan terdorongnya kotoran telinga semakin kedalam. Meski tidak tajam, penggunaan yang tidak tepat dari korek kuping dapat menyebabkan gendang telinga si kecil robek sehingga mengakibatkan ganggan permanen pada pendengaran si buah hati.

Baca juga: 6 Tips sederhana agar si kecil suka sayur

Informasi seputar kotoran telinga

Kotoran telinga atau dalam bahasa inggris disebut dengan Earwax, adalah lapisan yang biasanya berwarna kekuningan dan ber lekstur lengket yang diproduksi oleh saluran telinga bagian dalam. Sebagian yang lain memiliki tipe kotoran telinga kering berwarna putih kekuningan. Sebenarnya lapisan lengket dalam telinga ini mempunya fungsi yang sangat vital yaitu diantaranya untuk menjaga telinga bagian dalam dari infeksi bakteri, jamur, serangga, serta melindungi telinga si kecil dari air.

Cara membersihkan telinga bagian dalam yang tidak tepat, termasuk dengan menggunakan cotton bud, dapat membuat kotoran telinga semakin terdorong kebagian dalam sehingga dapat menekan lapisan gendang telinga serta menutupi saluran telinga, sebagai akibanya pendengaran si kecil dapat terganggu.

Baca juga: 5 Tanda si kecil mengalami keterlambatan bicara

Cara membersihkan kotoran telinga si kecil

Normalnya, kotoran telinga dapat keluar sendiri jadi tidak perlu dibersihkan kecuali pada kondisi khusus dimana produksi kototan berlebih. Cara aman untuk membersihkan kotoran telinga adalah dengan menggunakan baby oil atau mineral oil sebagai tetes telinga.

Untuk membersihkan telinga si kecil, hangatkan baby oil sampai mendekati suhu tubuh yaitu sekitar 37oC, kemudian posisikan si kecil tidur miring dengan posisi telinga yang akan dibersihkan dibagian atas, secara perlahan teteskan baby oil kedalam telinga si kecil. Setelah 5-10 menit, posisikan si kecil untuk duduk dan gunakan tisu kering untuk menampung minyak yang keluar dari telinga si kecil.

Baca juga: 6 Jenis permainan untuk melatih kecerdasan si kecil

Membersihan kotoran telinga menggunakan baby oil biasanya memerlukan beberapa kali perlakuan sebelum benar-benar telinga bagian dalam si kecil bersih. Saat pertama kali menggunakan baby oil, biasanya akan membuat telinga si kecil menjadi bindeng karena kotoran telinga menjadi lunak dan menutupi saluran telinga, setelah beberapa kali penanganan, kotoran telinga dapat keluar semua.

Cairan pembersih telinga dapat juga diperoleh di apotek, baca dengan cermat dan ikuti aturan yang tercantum dalam label kemasan. Jika kotoran telinga si kecil cukup banyak, atau saat bunda tidak yakin untuk membersihkan sendiri, sebaiknya bawa si kecil kedokter untuk mendapatkan penanganan dokter.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru