09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Demam yang menyerang bayi dan cara mengatasinya

KategoriKesehatan
Di lihat3293 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

beberapa penyebab demam pada bayi dan balita dan cara mengatasinya

Demam pada anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Suhu tubuh ideal pada bayi adalah 37,5° C, dan bila suhu tubuh bayi berada di atasnya, berarti ia menderita demam. Demam pada bayi dapat diikuti gejala-gejala lain, seperti menggigil, batuk, flu, infeksi telinga, atau diare. Naiknya suhu tubuh pada bayi dan balita juga bisa disebabkan infeksi bakteri, meskipun hal ini tidak terlalu umum. Infeksi bakteri bisa menyebabkan gangguan yang lebih serius, seperti pneumonia dan meningitis. Kedua gangguan ini membutuhkan perawatan serius.

Baca juga: 7 Aktivitas outdoor untuk si buah hati

Sebagian besar demam pada bayi dan balita bukanlah gejala gangguan kesehatan serius. Suhu tubuhnya bisa menurun dengan sendirinya setelah beberapa waktu, bahkan tanpa penanganan khusus. Setelah suhu tubuh si kecil turun, ia akan bisa beraktivitas kembali. Meskipun ini bukanlah tanda bahwa penyakit yang ia derita telah benar-benar sembuh, hal ini menunjukkan bahwa tubuh si kecil merespon pengobatan yang dilakukan dengan positif.

Demam pada anak akibat infeksi bakteri

Bila si kecil mengalami gangguan serius akibat infeksi bakteri, misalnya meningitis, kondisinya akan memburuk walaupun telah dilakukan pengobatan untuk menyembuhkan demamnya. Bila suhu tubuh si kecil tetap tinggi, dan ia bahkan menunjukkan gejala-gejala lain seperti masalah pernafasan, sakit kepala, terus mengantuk, timbul ruam, atau kejang, hal ini mungkin pertanda adanya infeksi bakteri. Segeralah menghubungi dokter bila gejala-gejala tersebut muncul.

Baca juga: Info penting seputar tidur bagi si kecil

Tips menangani demam pada anak

Untuk mengatasi demam pada bayi dan balita, beberapa tips di bawah ini bisa membantu.

1. Usahakan si kecil lebih sering minum, terutama air putih untuk mencegah dehidrasi.

2. Kenakan pakaian yang ringan dan berbahan dingin pada si kecil bila suhu udara sedang normal. Jangan membedong bayi yang sedang demam karena bisa membuat mereka mengalami overheat (suhu badan terlalu tinggi). Jaga sirkulasi udara di dalam kamar, dengan membuka jendela sedikit atau menyalakan kipas angin. Akan tetapi, jangan meletakkan kipas angin tepat di depan bayi.

3. Pastikan si buah hati cukup istirahat selama pengobatan.

4. Demam yang normal biasanya dapat diatasi dalam 2 hingga 3 hari. Terus pantau suhu tubuh si kecil, dan bila suhunya tidak menurun setelah 3 hari atau muncul gejala lain yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter.

Baca juga: Tips agar si kecil mau aktif bergerak

5. Bila kondisi tubuh si kecil tidak membaik setelah mengikuti instruksi di atas, segera hubungi dokter. Jangan membiarkan suhu tubuh si kecil tinggi selama lebih dari 3 hari tanpa pengobatan. Bila si kecil menunjukkan tanda-tanda infeksi bakteri, bunda sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

6. Gunakan paracetamol atau ibuprofen dengan dosis yang tepat untuk bayi. Paracetamol atau ibuprofen dapat digunakan pada bayi yang terserang demam. Akan tetapi, jangan pernah menggunakan keduanya pada waktu yang sama secara bergantian.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru