09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Diet khusus bagi si kecil yang mengidap fenilketonuria

KategoriNutrisi
Di lihat760 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

waspada gejala fenilketonuria pada si kecil. Kondisi ini termasuk kedalam kelainan genetis yang diturunkan

Fenilketonuria adalah penyakit menurun yang ditandai kurangnya enzim fenilalanin hidroklase yang berfungsi mengubah kelebihan fenilalanin menjadi tyrosine. Fenilalanin sendiri merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Pada penderita fenilketonuria, kelebihan fenilalanin tidak dapat dibuang dari tubuh (fenilalanin dibuang dari tubuh dalam bentuk tyrosine) sehingga terjadi penimbunan asam amino esensial tersebut di dalam darah. Timbunan fenilalanin tersebut berbahaya karena dapat meracuni otak.

Baca juga: 4 Kegiatan bermain yang membuat si kecil lupa waktu

Dampak kelainan Fenilketonuria

Bayi yang lahir dengan gangguan ini biasanya tidak menunjukkan gejala, walaupun mereka seringkali cenderung mengantuk dan sulit makan. Gangguan ini dapat menyebabkan keterbelakangan intelektual, kemunduran syaraf, terhentinya pertumbuhan, anak hiperaktif, dan kejang. Penderita fenilketonuria yang tidak ditangani dengan baik biasanya memiliki urin dan keringat yang beraroma seperti tikus karena kandungan fenilalanin di dalamnya.

Penanganan kondisi Fenilketonuria pada anak

Penanganan utama bagi fenilketonuria adalah membatasi konsumsi fenilalanin yang banyak terdapat dalam makanan-makanan kaya protein, seperti susu sapi, kedelai, telur, keju, kacang-kacangan, ayam, dan ikan. Hal ini perlu dilakukan sejak dini karena bila terlambat diatasi, penderita fenilketonuria bisa mengalami gangguan pekembangan.

Karenanya, bayi penderita kondisi tersebut biasanya harus mengkonsumsi susu formula khusus yang bebas fenilalanin pada tahun pertama kehidupannya. ASI bisa tetap diberikan, namun dalam jumlah terbatas.

Baca juga: 6 Permainan untuk melatih otak si kecil

Ketika bayi sudah mulai mengenal makanan semi padat, kita membutuhkan bantuan ahli gizi untuk menata pola makannya. Ahli gizi akan menyarankan makanan khusus (biasanya makanan olahan khusus penderita fenilketonuria) yang kaya protein, namun rendah fenilalanin untuknya. Fenilalanin yang berlebihan dapat membahayakan pada penderita fenilketonuria, namun ia tetap dibutuhkan dalam jumlah sedikit.

Pola nutrisi anak dengan kondisi Fenilketonuria

Makanan yang dikonsumsi si kecil juga diharapkan mampu menyediakan kalori, vitamin, dan zat-zat lain yang penting bagi pertumbuhannya. Menu sehari-hari anak penderita fenilketonuria biasanya juga mencakup susu formula khusus yang diperuntukkan bagi anak penderita fenilketonuria sebagai sumber utama kebutuhan nutrisinya.

Sangatlah penting bagi anak penderita kelainan genetis ini untuk mengikuti dengan ketat susunan menu makanan yang disarankan ahli gizi. Selama mengikuti diet tersebut, kesehatan mereka akan terus dipantau, salah satunya dengan tes darah. Selain itu, pertumbuhan tubuh dan perkembangan si kecil akan dipantau terus dan akan dilakukan perombakan pada susunan menu mereka bila diperlukan.

Baca juga: Resep membuat play dough sendiri

Dalam perawatan fenilketonuria, orang tua perlu lebih kreatif dalam merancang susunan makanan yang sehat dan aman bagi si kecil, tentunya dengan berpegang pada panduan dari ahli gizi. Panduan tersebut harus diikuti tidak hanya dalam menentukan susunan menu sehari-hari, namun juga dalam menentukan menu dalam berbagai kegiatan, misalnya ketika piknik, melakukan perjalanan, atau even-even khusus.

Anak-anak sebaiknya dilibatkan dalam menentukan susunan makanannya sedini mungkin. Dengan pengetahuan yang cukup, sedikit kreativitas, dan panduan ahli gizi, baik anak penderita fenilketonuria maupun para orang tua dapat menjalani kehidupan yang sehat dan berkualitas.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru