09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Dorong kemandirian si kecil dengan tujuh cara berikut ini

KategoriPrilaku
Di lihat387 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips dari ahli untuk mendorong kemandirian si buah hati

Kemandirian si kecil berhubungan erat dengan tingkat kepercayaan dirinya, sehingga memupuk kepercayaandirinya sejak dini sangat penting untuk dilakukan. Berikan motivasi agar si buah hati mau mengembangkan skil komunikasi dan interaksi dengan lingkunganya. Berikan pujian setiap si kecil berhasil mengerjakan sesuatu, tapi jangan kenalkan mereka dengan istilah gagal ketika si kecil tidak mampu melakukan sesuatu.

Libatkan ia dengan banyak aktifitas baik dirumah atau diluar rumah untuk melatih kemandiriannya. Semakin banyak keterlibatan si buah hati dalam berbagai aktifitas, semakin banyak skil dan pengalaman yang didapat, semakin besar pula rasa percaya dirinya. Selama ayah bunda yakin dengan keamananya, persilahkan si buah  hati untuk mencoba berbagai aktivitas dan permainan baik sendirian maupun bersama dengan teman-temanya.

Sebagaimana disinggung sebelumnya, kemampuan bersosialisasi erat kaitanya dengan kemandirian. Ketika si kecil berada dalam sebuah komunitas dia akan belajar dari lingkunganya termasuk dari orang dewasa untuk memahami hal baru. Motivasi mereka untuk belajar melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memakai baju, makan sendiri tanpa disuapi, atau mengenakan kaus kaki dan sepatu sendiri.

Tips dari ahli untuk mendorong kemandirian si buah hati

1. Ada sebagian orang tua yang mengatasnamakan demi keamanan sehingga kurang memberikan kebebasan pada si kecil untuk mempelajari hal atau aktivitas baru. Guna mendorong kemadirianya, biarkan sekali-sekali si kecil membuat keputusan sendiri, misalnya memilih baju mana yang akan dipakai, atau memilih arena bermain kesukaanya.

2. Berikan keleluasaan pada mereka untuk mengerjakan aktivitasnya sendiri. Jangan khawatir jika diawal mereka membuat kesalahan. Ayah bunda tidak perlu mengambil alih aktivitas mereka, cukup arahkan atau pandu cara yang benar. Misalnya pada saat belajar gosok gigi, seringnya si kecil ingin melakukannya sendiri tanpa dibantu.

3. Jika si kecil pemalu, dorong dan motivasi agar mau berbaur dengan lingkunganya. Lakukan dengan perlahan dan jangan paksa jika si buah hati menolak. Temani mereka di saat awal bermain untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

4. motivasi dan berikan apresiasi setiap kali mereka mengungkapkan ide dan perasaanya. Sikap acuh tak acuh dari orang terdekat saat mereka mengutarakan perasanya dapat memicu perasaan minder atau kurang percaya diri saat mereka dewasa.

5. Jangan mentertawakan dengan nada meremehkan jika si kecil membuat kesalahan seperti memakai pakaian secara terbalik atau celemotan karena memakai bedak sendiri. Berikan pujian karena bereka berhasil memakai baju meski terbalik.

6. Jika ayah bunda menemani si kecil bermain, pastikan ayah bunda tidak mendominasi dan selalu memimpin. Ikuti saja alur kreatifitas si kecil dan biarkan dia menjadi pemberi contoh gerakan.

7. Setiap kali ada kesempatan, libatkan si kecil dalam pembicaraan orang dewasa namun pilihlah topik-topik yang dapat difahami si kecil. Misalnya ketika ayah bunda dan si kecil sedang dalam perjalanan kemudian terjadi obrolan antara ayah dan bunda tentang makanan favorit masing-masing, tanyakan juga apa makanan favorit si kecil.

‘Membesarkan’ bukan ‘mengkerdilkan’

Pola mendidik si kecil yang melibatkan kekerasan baik secara verbal maupun fisik, terbukti tidak bagus bagi perkembangan mental si kecil. Orang tua yang sering memarahi si kecil hanya karena mereka berbuat tidak sesuai dengan keinginannya, cenderung mematikan potensi kemandirian si buah hati. Setiap kali mereka akan mengerjakan hal yang baru mereka akan merasa takut dimarahi orang tua sehingga kemampuan belajarnya menjadi tak maksimal.

Gambar: digitaltrends.com
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru