09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta penting seputar bahaya junk food bagi si kecil

KategoriNutrisi
Di lihat560 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Junk food vs. pola makan sehat

Menurut Wikipedia, junk food atau makanan rendah gizi adalah istilah yang dinisbatkan kepada makanan berkalori tinggi yang berasal dari lemak, gula, dan karbohidrat tetapi rendah nutrisi. Menurut Word Health organization (WHO), yang termasuk kategori junk food diataranya adalah goreng-gorengan, makanan kalengan, daging yang diproses seperti ham, sosis, dan kornet, asinan (karena mengandung garam yang tinggi), makanan dari daging berlemak dan jeroan, makanan dengan kandungan gula tinggi.

Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula, karbohidrat, dan lemak tinggi berlebih dapat menyebabkan gigi berlubang dan kegemukan pada si kecil. Untuk meyiasati hal tersebut, batasi konsumsi makanan-makanan tersebut hanya pada waktu dan acara tertentu saja, jangan sampai bunda mengganti makanan utama si kecil dengan jenis makanan sebagaimana disebutkan diatas.

Junk food mengandung nutrisi yang tidak sehat

Selain makanan, beberapa jenis minuman yang mengandung kadar gula tinggi juga tidak laik diberikan pada si kecil. Daripada memberikan minuman bersoda atau cola, akan lebih baik jika si kecil dibiasakan mengkonsumsi jus buah asli tanpa gula tambahan. Kandungan gula dalam buah segar sudah sukup memenuhi kebutuhan gula harian si buah hati. Selain kadar gula yang tinggi, mayoritas minuman dalam kemasan juga dapat mengandung bahan pengawet bahkan beberapa diantaranya mengandung pemanis buatan yang jelas-jelas tidak bagus bagi kesehatan si kecil.

Selain bahaya kandungan gula dan lemak yang tinggi, kebanyakan junk food mengandung jenis lemak jahat atau biasa disebut lemak jenuh. Dalam jangka panjang, konsumsi jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah serta meningkatkan resiko penyakit jantung, disamping dapat memicu obesitas.

Junk food vs. pola makan sehat

Bahaya junk food tidak hanya pada kandungan zat nya melainkan juga dapat menimbulkan kebiasaan. Anak-anak yang dibiasakan mengonsumsi junk food akan membawa kebiasaanya sampai dewasa bahkan dapat ditiru oleh putra-putrinya jika nanti berkeluarga. Oleh karenanya sangat penting mengenalkan makanan sehat kepada si kecil sedini mungkin. Mulailah dari ayah bunda untuk menerapkan pola makan sehat agar menjadi panutan bagi si kecil.

Makanan junk food atau rendah gizi cenderung menimbulkan ketergantungan karena komposisinya banyak mengandung gula dan lemak, bahan makanan lemak dan gula yang menimbulkan rasa gurih dan enak di mulut sehingga banyak disukai anak-anak. Mengenalkan sedini mungkin pola makan sehat dan membatasi konsumsi junk food adalah salah satu cara membiasakan si kecil untuk tidak terjebak kenikmatan junk food yang tidak sehat.

Tips mengatasi anak yang sudah terbiasa dengan junk food

1. mulai dari ayah bunda, jangan biasakan menyimpan junk food di tempat yang bisa diakses si kecil. Berikan contoh yang baik dari ayah bunda dalam hal menerapkan pola makan sehat. Jika belum bisa dihentikan, batasi konsumsi junk food dan substitusi dengan makanan sehat sejenis.

2. sampaikan pada keluarga besar untuk tidak membawa oleh-oleh junk food ketika berkunjung kerumah. Berikan edukasi kepada mereka akan bahaya junkfood bagi kesehatan.

3. Berkreasi dengan menu makan si kecil, percantik penyajian makanan agar mereka tertarik untuk mengkonsumsi makanan sehat yang bunda buat. Sesuai dengan level pemahaman si kecil, sampaikan bahwa makanan-makanan berkategori junk food tidak bagus untuk kesehatan dan dapat menyebabkan mereka sakit.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru