09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta penting seputar air minum bagi balita bunda

KategoriKesehatan
Di lihat1752 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

manfaat air putih bagi balita bunda

Tubuh orang dewasa terdiri dari sekitar 60 persen cairan, pada anak-anak angka persentase tersebut dapat lebih tinggi dan inilah yang menyebabkan begitu pentingnya asupan cairan bagi si kecil. Untuk memastikan semua fungsi tubuh bekerja dengan baik, rata-rata setiap harinya balita buda memerlukan sekitar 15 persen dari total cairan tubuh, ini termasuk untuk menjaga suhu tubuh di kisaran angka normal, mengeluarkan limbah dari tubuh, serta memastikan sistem pencernaan dan sistem transportasi darah bekerja optimal.

Baca juga: Cara membersihkan telinga bagian dalam balita

Waspadai gejala dehidrasi pada balita

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh si kecil mengalami kekurangan cairan tubuh. Anak-anak dikategorikan lebih rentan mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Si kecil dapat mengalami kehilangan cairan melalui berbagai cara diantaranya lewat berkeringat dan buang air kecil. Kondisi dehidrasi semakin berbahaya jika disertai dengan gejala muntah, diare, dan demam.

Dehidrasai ringan akibat kurang minum dapat memicu beberapa tanda diantaranya mulut kering dan pecah-pecah, urin berwarna lebih gelap dan berbau lebih tajam, lebih dari 6 jam tidak pipis, saat menangis tidak keluar air mata, dan rawan mengalami sakit kepala. Dehidrasi akut karena penyakit tertentu yang disertai dengan muntah dan diare dapat memicu beberapa gejala termasuk mata cekung, pusing, lemas, tangan dan kaki terasa lebih dingin , serta ngantuk berlebih. Gejala dehidrasi akut sangat berbahaya dan memerlukan penanganan medis segera.

Baca juga: 7 Jenis minuman terbaik bagi balita

Berapa banyak si kecil harus minum dalam sehari?

Rata-rata anak balita memerlukan 1 sampai 1.5 liter asupan cairan per hari. Dalam hal memenuhi cairan tubuh, air putih adalah sumber terbaik bahkan bila dibandingkan dengan jus dan susu sapi sekalipun. Jika si kecil dengan usia dibawah 7 tahun mimum jus, batasi konsumsinya di kisaran 120 sd 180 ml per hari, untuk memperbanyak jumlah cairan yang diminum si kecil, bunda dapat mengencerkan jus dengan cara menambahkan air putih kedalamnya.

Hindari pemberian minuman bersoda karena kandungan gulanya yang tinggi tidak bagus baik untuk gigi maupun kesehatan si kecil. Susu sapi dapat diberikan untuk menghilangkan haus si kecil, tapi hati-hati susu dapat menimbulkan efek kenyang. Pemberian susu disekitar waktu makan dapat membuat mereka tidak selera makan.

Baca juga: 5 Jenis makanan ber-Omega-3 tinggi

Tips agar si kecil mau minum air putih

Kecuali benar-benar haus, umumnya si kecil tidak terlalu tertarik dengan air putih karena rasanya yang tawar. Agar mereka semangat minum, ayah bunda dapat menyiasatinya dengan menyediakan tempat minum favorit mereka. Bawakan botol minuman kemanapun saat mereka pergi, tawarkan mereka minum di sela-sela aktifitas bermain mereka.

Untuk menambah aroma, bunda dapat memberikan sedikit perasan air jeruk lemon kedalam air minum si kecil agar beraroma segar. Jika si kecil sedang sehat, boleh juga memberikan air dalam bentuk es batu, mereka akan menyukai sensasi dinginnya apalagi saat cuaca sedang terik.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru