09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

Fakta-fakta penting seputar eksim pada anak balita

KategoriKesehatan
Di lihat2456 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Yang harus dilakukan saat si kecil terserang eksim

Eksim atau dalam bahasa inggris disebut Eczema adalah kondisi peradangan akut pada kulit yang umumnya ditandai dengan gejala-gejala kulit kering, memerah, dan gatal. Pada kondisi yang lebih parah gejala ditandai dengan munculnya lepuhan atau gelembung-gelembung kecil berisi cairan pada kulit yang akan pecah jika digaruk. Eksim juga ditujukan pada sekelompok kondisi kelainan kulit yang dapat menyebabkan perubahan pola kulit.

Baca juga: 8 Tips mencegah kulit kering pada balita

Eksim dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak termasuk bayi. Para ilmuwan belum sepenuhnya mengetahui apa penyebab pasti dari eksim, namun mereka menemukan bahwa si kecil yang orang tuanya mengidap eksim berpotensi besar mengalami kondisi yang sama, sehingga diduga serangan eksim salah satunya berkaitan dengan faktor genetic sebagaimana halnya alergi.

Si kecil mengalami bercak merah pada kulit apakah itu eksim?

Gejala kulit merah pada bayi dan balita adalah kondisi yang sering ditemui, namun belum tentu dikategorikan sebagai eksim, dibandingkan dengan gangguan kulit lainnya, eksim memiliki tanda-tanda yang khas. Gejala awal yang sering muncul saat si kecil terserang eksim umumnya diawali munculnya bercak kering pada kulit kemudian berubah menjadi kemerahan bahkan bersisik.

Saat udara panas dan lembab biasanya kondisi tersebut tambah memburuk. Bagian tubuh yang sering terkena eksim adalah bagian depan dari siku dan bagian belakang dari lutut, kemudian menyebar kebagian tubuh lain termasuk muka, leher, tangan, dan kaki. Jika bercak tersebut berubah menjadi gelembung kecil berisi cairan dan melepuh serta tidak segera ditangani maka dapat memicu infeksi bakteri. Saat infeksi bakteri terjadi, dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik.

Baca juga: Sebab si kecil mimisan dan cara mengatasinya

Yang harus diperhatikan saat si kecil terserang eksim

Sama halnya dengan alergi, eksim tidak bisa diobati tapi bisa dikelola. Dengan perawatan dari ayah bunda gejala-gejala eksim si kecil dapat dikendalikan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisinya tidak memburuk.

1. Hindari kulit kering. Kondisi eksim akan memburuk saat kulit si kecil kering, gunakan pelembab kulit khusus anak setelah mandi atau saat mereka beraktifitas diruangan ber-AC untuk menjaga kelembapan kulit mereka.

2. Hindari kondisi panas. Eksim akan memburuk dengan kondisi panas dan lembab. Disaat hari yang terik, pastikan si kecil terlindung dari panas matahari. Kenakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat dengan baik.

3. Pilih kain katun dari pada woll. Kain wol memiliki tekstur khas dapat memicu serangan atau memperburuk eksim si kecil, memilih jenis pakaian dari bahan katun lebih direkomendasikan mengingat. selain nyaman dikenakan, sirkulasi udara kain katun dinilai lebih baik sehingga tidak menimbulkan panas.

Baca juga: Sumber kalsium terbaik untuk balita Bunda

4. Pilih sabun cuci pakaian khusus. Beberapa sabun pencuci pakaian mengandung bahan yang dapat menempel di baju si kecil dan mengiritasi kulitnya. Jika si kecil mengalami eksim, pilih jenis sabun cuci yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitive atau khusus pakaian bayi.

5. Obat antihistamin. Obat jenis antihistamin umum direkomendasikan dokter untuk meredakan gatal akibat alergi. Jika diperlukan, ayah buda dapat memberikan si kecil antihistamin. Untuk lebih yakin, temui dokter sebelum memberikan mereka obat tersebut. Khusus si kecil dengan usia dibawah 1 tahun, pemberian obat harus dibawah pengawasan dokter anak.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru